Temu OMK Lintas ‘Paroki Fransiskan’ 2019

08/06/2019
Oleh   |  Tampilan Cetak Tampilan Cetak
Dilihat: 154 kali

Orang Muda Katolik (selanjutnya OMK, red.) dari lima Paroki yang dilayani Para Fransiskan sedaratan Flores kembali menggelar Temu Tahunan yang akan dilaksanakan di Paroki Kristus Raja Pagal, Keuskupan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, 4-7 Juni 2019.

Kelima Paroki itu adalah Paroki Yesus Kerahiman Ilahi Aeramo, Paroki Santa Maria Para Malaikat Kurubhoko (Keuskupan Agung Ende) Paroki St. Fransiskus Assisi Karot,  Paroki St. Fransiskus Assisi Tentang, dan Paroki Kristus Raja Pagal (Keuskupan Ruteng).

“Terpilihnya Paroki Kristus Raja Pagal sebagai tuan rumah Temu OMK Lintas Paroki yang dilayani para Fransiskan tahun 2019 ini merupakan hasil kesepakatan bersama tahun sebelumnya saat menyelenggarakan kegiatan serupa di Paroki Aeramo, Keuskupan Agung Ende, Kabupaten Nagekeo, 14-17 Juni 2018 ” kata Sdr. Wolf selaku Ketua Tim Pastoral Fransiskan Wilayah Flores.

“Sekitar 250-an peserta akan menghadiri kegiatan selama empat hari itu, 4-7 Juni 2019. Setiap Paroki masing-masing paroki mengirim maksimal lima puluh peserta.”

Jiwa Muda Melayani

Pendamping OMK Lintas Paroki, Bapak Yohanes Don Bosko mengatakan, “Kegiatan ini diadakan kembali setelah tahun lalu diadakan kegiatan serupa bersama OMK Lintas Paroki yang dilayani Para Fransiskan dengan tema ‘Jiwa Muda Bersaudara’. Besar harapan saat itu, terutama dari OMK sendiri, agar kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun.”

Sesuai harapan OMK, demikian Bosco, tahun ini Temu OMK Lintas Paroki yang dilayani Para Fransiskan sedaratan Flores kembali digelar dengan tema ‘Jiwa Muda Melayani’.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai implementasi Fokus Perhatian Keuskupan Ruteng di Tahun Pelayanan 2019. Orang Muda Katolik adalah bagian integral dari Gereja yang tidak dapat menutup diri dari panggilan dan perutusan untuk melayani di dalam Gereja dan Masyarakat.”

“Melalui perjumpaan yang dikemas dengan tema pelayanan ini”  ungkap Pastor Wolf OFM “Kami ingin belajar bersama OMK untuk menyadari bahwa pelayanan mesti menjiwai persaudaraan. Dengan semangat muda, kata-kata Yesus yang pada malam Perjamuan Terakhir hendak kami wujudkan: Hendaklah kamu saling melayani ! (bdk.Yoh 13:14). Orang-orang Muda ingin menemukan suka cita dan kegembiraan dalam persaudaraan yang tergerak oleh belas kasihan untuk selalu melayani terutama yang sakit dan membutuhkan perhatian. Mereka juga ingin melayani alam ciptaan ini dengan membangun sikap peduli dan beraksi menyelamatkan lingkungan”

“Kegiatan ini juga dilaksanakan” tambah Pastor Wolf, “sebagai implementasi fokus perhatian Keuskupan Ruteng di Tahun Pelayanan 2019. OMK bagian integral dari Gereja yang tidak dapat menutup diri dari panggilan dan perutusan untuk melayani di dalam Gereja dan Masyarakat.”

Rangkaian Acara

Panitia setempat yang dikoordinasi Pastor Asep Cahyono OFM menginformasikan, “Hari ini, 4 Juni, peserta akan disambut di Paroki Pagal pada pukul 16.00 WITA. Setelah registrasi peserta akan dibagi ke delapan KBG di Pusat Paroki Pagal. Selama empat hari ke depan, peserta akan menginap di rumah-rumah umat di delapan KBG tersebut.”

“Kegiatan malam pertama berpusat di KBG. OMK berkatekese bersama umat dengan tema “Jiwa Muda Mudah Melayani.” Kegiatan hari berikutnya, dimulai dengan perayaan Ekaristi di KBG masing-masing dilanjutkan dengan sarapan. Pukul delapan peserta akan mengikuti rekoleksi bertepatan juga dengan Hari Lingkungan Hidup, yang diperingati setiap 5 Juni. Peserta juga akan didampingi Tim Ekopastoral Fransiskan Pagal untuk mengasah kepekaan menjadi Orang Muda yang Melayani Alam Semesta. Sore hari ada kegiatan olah raga. Dilanjutkan dengan perayaan api unggun pada malam harinya dan renungan yang mengandung pesan untuk makin mencintai keindahan dan kehidupan.”

“Di hari ketiga peserta akan terlibat dalam aneka permainan Outbound  hingga makan siang. Setelah makan siang, ada utusan OMK yang akan mengunjungi orang sakit. Kunjungan dan pelayanan orang sakit ini dilakukan bersama para imam dan Diakon Fransiskan yang ikut ambil bagian dalam kegiatan orang muda ini. Malam hari, akan diadakan pentas seni. Setiap paroki akan menampilkan acara kreatifnya masing-masing.”

Kegiatan akan berakhir pada 7 Juni dalam misa perutusan dengan tema “Hendaklah kamu saling membasuh kaki” (Yoh 13:14) yang akan dipimpin oleh dua gardian dari dua Gardianat OFM di Flores. Pater Adri Nahal selaku gardian Rumah Biara Fonte Kolombo, Ruteng dan Sdr. Fridus Derong OFM selaku gardian Rumah Biara Rieti, Aeramo.

Moderator OMK Paroki Yesus Kerahiman Ilahi Aeramo, Pastor Yornes Panggur OFM, mendukung terlaksananya kegiatan Temu OMK Lintas Paroki ini. “Melalui perjumpaan ini diharapkan persaudaraan OMK dikuatkan dengan berbagai bentuk pelayanan, iman diteguhkan, dan bela rasa serta kreativitas kaum muda dalam hidup menggereja ditingkatkan,” ungkap Pastor Yornes.)**

Kontributor: Alberto Dino OFM, sedang menjalani TOP di Tentang, Manggarai

Sumber: http://jpicofmindonesia.com/2019/06/jiwa-muda-melayani-temu-omk-lintas-paroki-fransiskan-2019-sedaratan-flores/

Kirim komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *