Pesta Emas Hidup Membiara Mgr. Michael Cosmas Angkur, OFM & Alex Lanur, OFM

12/08/2010
Oleh   |  Tampilan Cetak Tampilan Cetak
Dilihat: 2.011 kali

Pagi itu, Senin 2 Agustus 2010 merupakan hari khusus bagi Mgr Michael Cosmas Angkur, OFM dan Prof Alex Lanur, OFM. Betapa tidak, karena 50 tahun yang lalu adalah hari yang bersejarah bagi mereka berdua. Tepat 50 tahun yang lalu mereka memulai hidup membiaranya, menjadi biarawan OFM.

Perayaan Syukur Pesta Emas Hidup Membiara mereka dirayakan secara sederhana di Novisiat Transitus, Depok. Diawali dengan Misa Syukur, keduanya mempersembahkan misa secara konselebran bersama dengan Peter Markus Gunadi, OFM (Guardian San Damiano) dan Pater Adrianus Sunarko, OFM (Provinsial OFM St Michael). Di hadapan sekitar 200 tamu undangan, yakni para pastor seKeuskupan Bogor, Suster – suster OSF, SFS, Fch, FSGM, FMM dan PRR, saudara OFM di Jakarta dan para OFS (Ordo Fransiskan Sekuler) serta keluarga dan tamu dari gereja sekitar Depok, dalam khotbahnya Pater Alex menceritakan cita – cita hidupnya yakni mengikuti jejak Yesus Kristus melalui berkhotbah dengan seluruh hidup sehingga hidup itu menjadi khotbah abadi.

Dalam sambutannya, Provinsial OFM, Pater Adrianus Sunarko, OFM menyampaikan bahwa Pater Alex merupakan seseorang yang terkenal karena ahli sprititualitas, Ia hafal hampir seluruh teks tulisan Fransiskus. Selain itu ia merupakan orang yang kritis, baik sebagai guru Bahasa Inggris maupun sebagai korektor teks ibadat. Mgr Michael Cosmas Angkur, OFM menjadi Provinsial ketika Pater Adrianus Sunarko, OFM masuk sebagai Novis OFM. Beliau sampai saat ini masih memegang prinsip persaudaraan yang kuat antar sesama OFM, terlebih apabila ada saudara yang sakit, beliau berusaha meluangkan waktu untuk menjenguknya.

Mgr Michael Cosmas Angkur, OFM menyampaikan rasa terima kasihnya kepada saudara – saudara OFM yang dengan usahanya rela datang ke acara ini (dari Papua, Timor Leste, dsb). Beliau menceritakan malam pertama di Novisiat dalam sambutannya, menjadi sebuah kenikmatan tersendiri ketika memakai jubah bekas dari saudara – saudara yang lebih tua. Beliau juga menceritakan bahwa persahabatan dengan Pater Alex OFM sudah sejak seminari, tahun 1952. Sejak masa Novis, Pater Alex sudah terbiasa “menelan” ayat – ayat Kitab Suci, sedangkan beliau sendiri terbiasa memegang alat kebun untuk memotong rumput dan alang – alang. Mgr Michael Cosmas Angkur, OFM menutup sambutannya dengan pesannya, Happy Life, nikmati hidup dengan baik, berbuatlah sesuatu bagi orang lain.

Dalam acara ini juga diberikan kenang–kenangan berupa karikatur Mgr Michael Cosmas Angkur, OFM dan Prof Alex Lanur OFM karya dari saudara muda, Novis Ferry. Tidak kalah indahnya lagu persembahan dari para saudara OFM dan Suster PRR. Rangkaian acara ditutup dengan pemotongan tumpeng dan ramah tamah.

1-small

2-small

3-small

4-small

3 komentar pada Pesta Emas Hidup Membiara Mgr. Michael Cosmas Angkur, OFM & Alex Lanur, OFM

  1. sandro rangga, ofm
    14/09/2010 at 19:10

    Wah wah wah Bpk.Uskup Nayak da Sdr.Alex Lanur yang kami cintai, selamat pesta emas, semoga Tuhan memberikan kekuatan untuk sampai pada pesta intan. Semoga tetap kuat di masa tua dan terimakasih untuk keteladanan hidup kepada kami semua meski saudara berdua mungkin tidak menyadari hal itu. Tuhan memberkati wah wah wah…

  2. wahyudi P
    04/09/2010 at 22:48

    Mgr Michael dan Pater Alex, proficiat atas pesta emas hidup membiara, semoga semakin setia dalam menjalani tugas perutusan sebagai fransiskan

  3. 13/08/2010 at 06:04

    Mgr.Michael dan Pater Alex ytksh….
    Selamat berpesta. Walau saya tidak sempat datang, tapi saya doakan pesta itu. Terima kasih atas semuanya selama ini…. Tuhan beserta kita…
    Frans B.
    UNPAR BANDUNG.

Kirim komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *