- Ordo Fratrum Minorum - https://ofm.or.id -

Pendidikan

Pendidikan sangat penting untuk memajukan kehidupan. Dengan kesadaran ini, Fransiskan OFM Indonesia turut serta dalam memajukan dunia pendidikan melalui pelayanannya. Secara kongkret, pelayanan di bidang pendidikan ini adalah:

  1. STF Driyarkara Jakarta. Sejak tahun 1969, bersama-sama dengan KAJ dan SJ, Fransiskan OFM Indonesia mulai membuka Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara Jakarta. Selain untuk pendidikan filsafat calon-calon imam, lembaga ini juga terbuka untuk umum. Saat ini, STF. Driyarkara telah membuka program Ilmu Filsafat, Ilmu Teologi, Magister Ilmu Filsafat (S2) dan Doktor Ilmu Filsafat (S3). Selain itu, STF Driyarkara Jakarta juga menyelenggarakan Ekstention Course Filsafat dan Ekstension Course Teologi sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.
  2. Yayasan Santo Fransiskus. Pada awalnya Yayasan pendidikan ini didirikan oleh para misionaris Fransiskan untuk menampung para pelajar yang putus sekolah akibat situasi politik yang panas pasca kemerdekaan RI. Mereka ditampung di sekolah Pool Kramat Raya 134, Jakarta Pusat. Saat ini, Yayasan Santo Fransiskus memiliki 7 unit sekolah. 5 unit sekolah berada di Jl. Kramat Raya 67 Jakarta Pusat yaitu TK dan Kelompok Bermain Santo Fransiskus, SD Santo Fransiskus, SMP Santo Fransiskus, SMK Fransiskus 2 dan SMA Fransiskus 1. 2 unit lainnya berada di Jl. Bangunan Barat 29, Kampung Ambon, Jakarta Timur yaitu SMA Fransiskus 2 dan SMK Fransiskus 1.
  3. Yayasan Santo Fransiskus Ndoso. Salah satu bentuk kepedulian OFM Indonesia atas pendidikan di Flores adalah menyelenggarakan karya pendidikan yang bernaung di bawah Yayasan Santo Fransiskus Ndoso. Yayasan persekolahan ini menaungi 4 unit karya pelayanan yaitu SMP Kemasyarakatan Ndoso, Asrama Putra St. Fransiskus, Asrama Putri St. Clara dan Sanggar Kebudayaan “Mbate Ruku”.
  4. Sekolah St. Fransiskus – Fatuberliu, Timor Leste. Selain karya persekolahan, juga ada karya asrama untuk anak-anak sekolah tersebut.