Pasal XII Pandangan busuk dan pergaulan dengan perempuan

10/12/2009
Oleh   |  Tampilan Cetak Tampilan Cetak
Dilihat: 680 kali

[Index Anggaran Dasar Tanpa Bulla] [Index Fransiskus Assisi]

(1)Di mana pun semua saudara berada atau ke mana pun mereka pergi, hendaklah menjaga diri terhadap pandangan busuk dan pergaulan dengan perempuan. (2)Tidak seorang pun boleh mengadakan pembicaraan atau bepergian sendirian dengan mereka atau makan bersama dari satu piring. (3)Hendaklah para imam berbicara dengan mereka secara pantas, waktu memberi mereka sakramen tobat atau nasihat rohani lainnya.

(4)Seorang perempuan sama sekali tidak boleh diterima oleh seorang saudara ke dalam ketaatan , tetapi setelah diberi nasihat rohani, biarlah ia melakukan pertobatan di mana ia menghendaki.[1] (5)Kita semua hendaklah menjaga diri kita dengan sebaik-baiknya dan memelihara semua anggota badan kita agar tetap murni; sebab Tuhan berfirman: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia dalam hatinya. (6)Lagi kata rasul: Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus? Karena itu orang yang mencemarkan bait Allah, akan dibinasakan oleh Allah.


[1]. “…diterima kedalam ketaatan,” yaitu berkaul untuk menaati seorang laki-laki dalam segalanya dan kadang-kadang juga untuk menemaninya dan melayaninya. Hal itu sedikit banyak menjadi cemar oleh pengaruh feodal dan sekte bidaah kaum katar.