Pasal XI Saling mengasihi dan jangan mengumpat dan memfitnah

10/12/2009
Oleh   |  Tampilan Cetak Tampilan Cetak
Dilihat: 725 kali

[Index Anggaran Dasar Tanpa Bulla] [Index Fransiskus Assisi]

(1)Hendaklah semua saudara menjaga diri, agar tidak memfitnah dan bertengkar mulut; (2)sebaliknya hendaknya mereka berusaha menjaga keheningan, selama Allah menganugerahi mereka rahmat untuk itu. (3)Janganlah mereka berselisih di antara mereka sendiri atau dengan orang lain, tetapi hendaknya mereka berusaha menjawab dengan rendah hati, dengan mengatakan: Aku ini hamba yang tidak berguna. (4)Janganlah mereka marah, sebab orang yang marah terhadap saudaranya, harus dihukum. Siapa Yang berkata kepada saudaranya: Kafir! Harus dihadapkan ke mahkamah agama. Siapa Yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke neraka yang menyala-nyala.

(5)Mereka harus saling mengasihi sesuai dengan firman Tuhan: Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. (6)Cintakasih antara mereka itu haruslah mereka nyatakan dengan perbuatan, sesuai dengan kata rasul: Marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran.
(7)Janganlah mereka memfitnah seorang pun. (8)janganlah mereka bersungut-sungut dan mengumpat orang lain karena ada tertulis: Para pengumpat dan pemfitnah dibenci oleh Allah.

(9)Lagipula hendaklah mereka sopan dan bersikap temah lembut terhadap semua orang; (10)janganlah mereka menghakimi dan menghukum. (11)Dan lagi, sesuai dengan firman Tuhan, janganlah mereka melihat dosa orang lain yang kecil, (12)tetapi lebih-lebih hendaklah mereka merenungkan dosanya sendiri dengan hati yang pahit pedih. (13)Mereka harus berlomba-lomba untuk masuk melalui pintu yang sesak, sebab Tuhan berfirman: Sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan; dan sedikitlah orang yang mendapatinya.