Pasal X Nasihat dan teguran terhadap saudara-saudara

14/12/2009
Oleh   |  Tampilan Cetak Tampilan Cetak
Dilihat: 605 kali

[Index Anggaran Dasar dengan Bulla] [Index Fransiskus Assisi]

1 Saudara-saudara yang menjadi minister-dan-hamba saudara lainnya, hendaknya mengunjungi dan menasihati saudara-saudaranya dan dengan rendah hati serta penuh kasih menegur mereka, tanpa memerintahkan kepada mereka sesuatu yang bertentangan dengan suara hatinya[1] serta anggaran dasar kita. 2 Sedangkan saudara-saudara bawahan hendaknya ingat, bahwa mereka telah menolak kehendak sendiri demi Allah. 3 Oleh karena itu mereka kuperintahkan dengan keras, agar menaati ministernya dalam segala hal yang harus mereka tepati sesuai dengan janjinya kepada Allah dan tidak bertentangan dengan suara hati dan anggaran dasar kita.

4 Di mana pun saudara-saudara berada, seandainya ada yang tahu dan yakin, bahwa mereka tidak dapat menepati anggaran dasar secara rohani, maka mereka harus dan dapat pergi menghadap ministernya. 5 Para minister haruslah menerima saudara-saudara itu dengan penuh kasih dan ramah dan bersikap akrab terhadap mereka sedemikian rupa, sehingga saudara-saudara itu dapat berbicara dan berlaku di depan mereka sebagai tuan di depan hamba-hambanya. 6 Sebab beginilah semestinya: para minister mesti menjadi hamba semua saudara.

7 Aku pun menasihati dan mengajak dengan sangat, dalam Tuhan kita Yesus Kristus, agar saudara-saudara bersikap waspada terhadap setiap kesombongan, kemuliaan sia-sia, iri hati, keserakahan, keprihatinan dan kekhawatiran dunia ini, umpatan dan gerutu. Saudara yang tidak bersekolah janganlah dengan cemas berusaha untuk bersekolah; 8 tetapi yang hendaknya mereka perhatikan ialah keinginan untuk memiliki Roh Tuhan melampaui segala-galanya dan membiarkan Dia berkarya di dalam diri mereka; 9 ingin selalu berdoa kepada-Nya dengan hati yang mumi; ingin rendah hati, sabar dalam penganiayaan dan sakit; 10 dan ingin mencintai mereka yang menganiaya, mencela dan berperkara dengan kita, sebab Tuhan bersabda: Cintailah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya dan memfitnah kamu. 11 Berbahagialah mereka yang dianiaya kareiza kebenaran sebab milik merekalah kerajaan surga. Orang yang bertahan hingga akhir, akan selamat.


[1]. “bertentangan dengan suara hatinya”, lihat AngTBul V:2.

Kirim komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *