Pasal VIII Pemilihan minister jenderal persaudaraan dan Sidang Pentekosta

14/12/2009
Oleh   |  Tampilan Cetak Tampilan Cetak
Dilihat: 663 kali

[Index Anggaran Dasar dengan Bulla] [Index Fransiskus Assisi]

1 Saudara sekalian wajib selalu mempunyai seorang saudara anggota tarekat ini sebagai minister jenderal dan hamba seluruh persaudaraan, dan mereka diwajibkan dengan keras untuk taat kepadanya. 2 Bila ia meninggal, maka pemilihan penggantinya hendaknya dilaksanakan oleh para minister provinsi dan para kustos dalam Sidang Pentekosta. Para minister provinsi wajib selalu berkumpul bersama untuk sidang itu, di mana pun ditentukan oleh minister jenderal. 3 Sidang itu diadakan satu kali setiap tiga tahun, atau dalam jangka waktu yang lebih panjang atau lebih pendek sesuai dengan ketetapan minister tersebut.
4 Jikalau suatu waktu dewan minister provinsi dan kustos menganggap minister tersebut tidak memadai untuk melayani dan mengurus kepentingan umum saudara-saudara, maka saudara-saudara tersebut di atas yang mempunyai hak memilih, demi nama Tuhan wajib memilih seorang lainnya sebagai kustos[1].
5 Sesudah Sidang Pentekosta, masing-masing minister dan kustos satu kali dalam tahun itu boleh juga mengundang saudara-saudaranya untuk suatu sidang di dalam wilayahnya sendiri bila mereka mau dan menganggap hal itu berfaedah.


[1]. Istilah kustos diterapkan pada minister jenderal, sedangkan dalam teks di atasnya istilah itu menunjuk satu jabatan yang sejajar dengan minister provinsi. Satu tanda, bahwa istilah kustos sifatnya lebih umum untuk menunjuk atasan atau tugas pelayanan mana saja.