Pasal IV Hubungan antara para minister dengan saudara lainnya

12/12/2009
Oleh   |  Tampilan Cetak Tampilan Cetak
Dilihat: 540 kali

[Index Anggaran Dasar Tanpa Bulla] [Index Fransiskus Assisi]

(1)Demi nama Tuhan! [1]
(2)Semua saudara yang diangkat menjadi miniser dan hamba saudara lainnya, hendaknya mengitur penempatan saudara-saudaranya di dalam Provinsi dan di tempat-tempat kediaman dalam wilayah mereka bertugas. Mereka harus sering mengunjungi para saudara itu dan memberikan nasihat rohani serta dorongan kepada mereka. (3)Semua saudaraku lainnya yang terberkati hendaknya menaati mereka dengan saksama dalam hal-hal yang menyangkut keselamatan jiwa dan tidak bertentangan dengan cara hidup kita[2].

(4)Hendaklah mereka saling memperlakukan sesuai dengan firman Tuhan ini: Apa pun yang kamu kehendaki supaya diperbuat orang lain bagimu, perbuatlah demikian juga kepada mereka, (5)Iagi: Apa yang tidak kau kehendaki terjadi atas dirimu, jangan kauperbuat terhadap orang lain.

(6)Para minister dan hamba hendaknya ingat, bahwa Tuhan berfirman: Aku datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani. Mereka juga harus ingat, bahwa mereka diserahi tugas pemeliharaan jiwa para saudara, yang tentangnya mereka harus memberikan pertanggung¬jawaban pada hari pengadilan di hadapan Tuhan kita Yesus Kristus, kalau seandainya ada yang jatuh binasa karena kesalahan dan teladan buruk mereka.


[1]. Rumusan seperti ini lazim dipakai pada permulaan suatu keputusan resmi, maka merupakan tanda bahwa bagian ini berupa tambahan pada teks Anggaran Dasar 1210; ternyata baru dalam Sidang Pentekosta 1217 dibentuklah provinsi dan minister-minister provinsi.
[2]. Varian: “tidak bertentangan dengan cara hidup dan anggaran dasar kita.”