Menjadi Keledai untuk Yesus

14/07/2019
Oleh   |  Tampilan Cetak Tampilan Cetak
Dilihat: 645 kali

Pada Kamis 11 Juli 2019, bertempat di Gereja Katolik St Paulus Depok, pukul 17.00 diadakan misa penerimaan profesi pertama 14 saudara muda OFM yang telah menyelesaikan tahun Novisiat di Novisiat OFM Transitus, Depok.

Keempat belas saudara yang mengucapkan profes adalah : Sdr. Efrem, Sdr. Francis, Sdr. Vincent, Sdr. Ronald, Sdr. Paskal, Sdr. Ando, Sdr. Fandry, Sdr. Arif, Sdr. Orsan, Sdr. Wiglis, Sdr. Joan, Sdr. Billy, Sdr. Edrin dan Sdr. Andre.

Misa penerimaan profesi pertama dipimpin oleh Minister Provinsi OFM St. Mikael Malaikat Agung – Pater Michael Peruhe OFM didampingi oleh Pater Oki Dwihatmanto OFM – magister novis dan Pater Gorris Pontus OFM – pastor paroki.

Berdasarkan refleksinya, keempat belas saudara ini mengambil motto “Tuhan memerlukannya” yang diambil dari Injil Lukas 19 : 31. Mengomentari motto tersebut,  dalam khotbahnya Pater Michael mengatakan bahwa konteks motto ini adalah saat Yesus mau masuk ke kota Yerusalem dan meminta murid-murid-Nya untuk membawakan keledai dan jika ada yang menanyakan diminta mengatakan bahwa Tuhan memerlukan keledai tersebut.

Di Palestina saat itu, lanjut Pater Provinsial,  keledai tidaklah dianggap hina, melainkan terhormat. Bila raja pergi berperang, ia mengendarai kuda. Jika raja datang dengan maksud damai, ia mengendarai keledai. Jadi keledai tidak perlu dikonotasikan sebagai kebodohan atau kemalasan tetapi lebih diartikan sebagai sikap kerendahan hati dan  kesiap-sediaan untuk mau dipakai Tuhan sebagai seorang saudara dina fransiskan untuk memberi kesaksian tentang belas kasih Tuhan baik di dalam keluarga, komunitas, maupun Gereja. Tidak usah membawa apa-apa dalam perjalanan melainkan hanya membawa Yesus di dalam hati sebagai sebagai pusat hidupnya.

Pater Provinsial menekankan bahwa dengan pengucapan kaul pertama sebagai fransiskan, para saudara ini mau mengatakan “YA” atas “kebutuhan” Yesus – karena Ia memerlukannya.  Yesus telah memilih dan menentukan. Dia memerlukan kita. Dan kita siap diutus untuk menjadi misi injili di dalam Gereja dan Kebhinekaan masyarakat Indonesia. Fransiskan adalah duta damai dalam perutusan dari Yesus. Setia dan taat dalam berjalan bersama Dia. Tetaplah menjadi keledai tunggangan Yesus – mengikuti Dia dalam jalan kedinaan.

Proficiat untuk para saudara yang berprofesi pertama!

Catatan: Profesi pertama berarti : mengucapkan kaul kemiskinan, ketaatan, kemurnian untuk selama satu tahun ke depan.  

 

Kirim komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *