Kehidupan Saudara Juniperus [Bagian 2]

31/01/2020
Oleh   |  Tampilan Cetak Tampilan Cetak
Dilihat: 27 kali
Ilustrasi St. Michael mengalahkan iblis.

Ilustrasi St. Michael mengalahkan iblis.

 

II Sebuah contoh betapa Saudara Yuniperus memiliki kekuatan besar untuk melawan iblis

Hanya karena kepolosan dan kerendahan hati yang besar, iblis tidak dapat tahan menghadapi Saudara Juniperus, sebagaimana ditunjukkan oleh kisah berikut ini.

Pada suatu hari ada seorang lelaki yang kerasukan setan tiba-tiba menyimpang dari jalan yang biasa ia tapaki dan melawan kebiasaannya dia membuat jalan putar yang sangat besar. Dia menyusuri jalan-jalan kecil menyimpang ke sana ke mari sepanjang tujuh mil. Teman-temannya yang mengikutinya terheran-heran dan kemudian bertanya kepadanya mengapa dia tiba-tiba lari terbirit-birit begitu cepat. Dia pun menjawab: “Saya berbuat demikian karena si bodoh Juniperus itu sedang berjalan di jalan yang akan saya lewati itu; saya tidak dapat tahan menanggung kehadirannya dan tidak dapat menunggu sampai dia lewat. Karena itu saya segera saja lari lewat jalan-jalan kecil itu.” Dan ketika mereka itu mencari-cari tahu apakah hal itu cocok dengan kenyataan, tahulah mereka bahwa pada waktu itu Saudara Yuniperus sungguh sedang berjalan di jalan itu, sebagaimana dikatakan oleh iblis itu.

Maka terjadilah, bila Fransiskus menyembuhkan orang yang kerasukan dan atas perintahnya si iblis tidak segera menghilang, dia lalu berkata kepadanya: “Jika kamu tidak segera meninggalkan orang ini, aku akan menyuruh saudara Juniperus mendatangimu.” Dan iblis, yang takut kepada saudara Juniperus itu dan tidak mampu mengatasi kebajikan dan kerendahan hati Fransiskus, segera lari terbirit-birit.

Terpujilah Kristus. Amin.

(Diterjemahkan oleh: Alfons S. Suhardi, OFM)

Kirim komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *