JPIC Goes To School

29/01/2019
Oleh   |  Tampilan Cetak Tampilan Cetak
Dilihat: 147 kali

Senin (28/01/2019), para kepala sekolah Yayasan Santo Fransiskus bersama Ketua Yayasan, P. Mateus Batubara, OFM bertemu dengan Tim Komisi JPIC OFM Indonesia di Ruang Pertemuan Pater Ben Tentua OFM.

Tim JPIC terdiri dari Direktur JPIC, P. Alsis, OFM dan seksi animasi P. Darmin Mbula, OFM dan Fr. Charles, OFM. Pater Darmin selaku Ketua MNPK mengawali pertemuan dengan pemaparan beberapa isu terkait dunia pendidikan nasioanal terkini.

Beliau mengungkapkan bahwa paradigma pendidikan katolik adalah fraternal humanisme yang bertujuan agar sekolah-sekolah katolik menciptakan peradaban kasih persaudaraan. Lebih jauh ia mengungkapkan bahwa keprihatinan dalam konteks nasional yaitu penguatan pendidikan karakter.

Hal ini berkaitan dengan nilai-nilai Pancasila, religious, nasionalis, mandiri, gotong royong dan keadilan social. Untuk itulah Ajaran Sosial Gereja penting untuk diajarkan dalam seluruh proses pengajaran di sekolah-sekolah. Sesudah pemaparan dan diskusi terkait isu pendidikan nasional bersama P. Darmin, kini pembahasan kegiatan bersama antara Yayasan Santo Fransiskus dengan Komisi JPIC terkait penanaman nilai-nilai ekologis di sekolah.

Yayasan Santo Fransiskus telah menetapkan tema Tahun ajaran 2018/2019 adalah, “Hijau Sekolahku, Hijau Rumahku.” Tema ini berkaitan dengan aspek ekologis. P. Alsis memaparkan bentuk-bentuk kerjasama yang dapat dilakukan untuk animasi baik bagi para murid maupaun guru dan karyawan. Beliau mengatakan bahwa program Komisi JPIC tahun 2019 adalah, “Goes to School.”

Di akhir pertemuan beberapa jadual kegiatan sudah ditetapkan bersama. Sesudah itu semua peserta rapat berfoto bersama di ruang rapat Pater Ben Tentua, OFM, dan ruang tamu Pater Wahyo, OFM serta di depan patung Santo Fransiskus Assisi.

Kontributor : Sdr. Mateus Leonardus Batubara, OFM

Kirim komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *