Fransiskus’ Day Ke-54 Yayasan St. Fransiskus

11/10/2019
Oleh   |  Tampilan Cetak Tampilan Cetak
Dilihat: 163 kali

Tanggal 4 Oktober selalu menjadi hari istimewa bagi segenap keluarga besar Yayasan Santo Fransiskus. Pasalnya, selain karena tanggal 4 Oktober merupakan hari peringatan Santo Fransiskus yang adalah pelindung yayasan, tanggal 4 Oktober juga sekaligus menjadi hari ulang tahun Yayasan Santo Fransiskus. Dalam rangka itu, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pada Jumat (4/10/2019) yang lalu, keluarga besar Yayasan Santo Fransiskus kembali mengadakan Fransiskus’ Day. Tahun ini merupakan Fransiskus’ Day yang ke-54, dan tema yang diangkat dalam perayaan tahun ini ialah “Membangun Kepedulian Terhadap Orang Miskin”. Acara ini sendiri dihadiri oleh para siswa/i, guru, karyawan, orang tua murid, donatur, dan tamu undangan.

Agak berbeda dengan Fransiskus’ Day pada tahun-tahun sebelumnya, perayaan tahun ini dikemas dalam balutan budaya Tionghoa. Oleh karena itu tidak heran apabila komplek Sekolah St. Fransiskus Kramat yang menjadi lokasi diselenggarakannya Fransiskus’ Day ke-54 tampak layaknya Pecinan. Selain didominasi warna merah dan dihiasi ornamen-ornamen khas Tionghoa, dalam kesempatan ini para peserta juga mengenakan busana khas Tionghoa.

Acara dimulai tepat pukul 08.00 wib dengan didahului Perayaan Ekaristi yang dilaksanakan di Gereja Hati Kudus Kramat. Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Pater Mikhael Peruhe OFM selaku Provinsial OFM Indonesia dan Pembina Yayasan Santo Fransiskus. Beliau didampingi oleh Pater Mateus Batubara, OFM selaku Ketua Yayasan Santo Fransiskus Asisi, Pater Andri Hanafy Tjipto, OFM selaku ketua panitia Fransiskus’ Day ke-54, Pater Thomas F. Suharto, OFM yang merupakan mantan Ketua Yayasan Santo Fransiskus, dan Pater Adrianus Nahal, OFM. Nuansa Tionghoa sudah terasa sejak dimulainya Perayaan Ekaristi. Murid-murid TK Fransiskus mengiringi perarakan imam dengan tarian khas Tionghoa. Selain itu nuansa Tionghoa kian terasa dengan nyanyian-nyanyian bergaya Tionghoa oleh koor yang beranggotakan para guru dan pegawai Yayasan St. Fransiskus.

Seusai Perayaan Ekaristi, acara dilanjutkan di kompleks Sekolah Santo Fransiskus Kramat. Acara dibuka dengan tarian Barongsai, dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Panitia dan Ketua Yayasan. Setelahnya para siswa dari masing-masing unit (Kramat dan Kampung Ambon) silih berganti menyuguhkan tampilan yang sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari, seperti tarian Yamko Rambe, modern dance, tarian kipas, vocal group, dsb. Dengan dipandu mc berpengalaman seperti Mrs. Lidya, Fr. Rio Edison, OFM dan Fr. Francis, OFM keseluruhan acara dapat berjalan dengan lancar hingga berakhir pada pkl. 15.30 wib. Hal ini tentu saja tidak lepas dari kerja keras panitia yang telah merancang acara sejak beberapa bulan sebelumnya. Terimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat dan selamat Ulang Tahun ke-54 Yayasan Santo Fransiskus. Jaya selalu. Pax et Bonum.

Kontributor : Sdr. Ambrosius Setiadvento OFM

Video Acara Fransiskus’ Day Ke-54

Fransiskus' Day Ke-54

Video acara Fransiskus' Day ke-54 di Yayasan St. Fransiskus Jakarta

Dikirim oleh Yayasan Santo Fransiskus pada Jumat, 11 Oktober 2019

Kirim komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *