Bagian-bagian yang terdapat dalam naskah II Celano

13/12/2009
Oleh   |  Tampilan Cetak Tampilan Cetak
Dilihat: 573 kali

Index Karya-karya Fransiskus ]
[ Index bagian-bagian suatu anggaran dasar tanpa bulla yang lain ]

1 (Para minister) harus memberikan pertanggungjawaban di hadapan-Mu pada hari pengadilan, ya Tuhan, jika salah seorang saudara mereka binasa entah karena kelalaian atau teladan atau karena teguran yang keras[1].
2… untuk peringatan umum ia menyuruh tulis kata-kata ini dalam suatu sidang: Para saudara hendaknya menjaga diri, jangan sampai dari luar mereka tampak sebagai orang muram dan orang munafik yang sedih, tetapi hendaklah mereka tampak bersukacita dalam Tuhan, riang-gembira serta cerah-ceria dan penuh rasa terimakasih sebagaimana mestinya.
3… sambil mencamkan ke dalam (hati) orang yang gegabah kata anggaran dasar, yang dengan cukup jelas menyatakan, bahwa uang yang ditemukan harus diinjak-injak seperti debu.
4 Karena itu dalam suatu anggaran dasar ia menyuruh tulis kata-kata ini: Aku minta kepada semua saudaraku yang sakit, agar dalam keadaan sakit janganlah mereka menjadi gusar dan menjadi gelisah terhadap Allah atau para saudara. Janganlah mereka terlalu cemas menuntut obat-obatan, dan jangan terlampau ingin menyelamatkan daging yang segera akan mati, yang merupakan seteru jiwa. Hendaklah mereka mengucap syukur atas segala-galanya, sehingga ingin berada dalam keadaan sebagaimana Allah menghendakinya. Sebab mereka yang ditentukan Allah untuk hidup kekal, dilatih-Nya dengan deraan cemeti dan penyakit, sebagaimana Dia sendiri berfirman: Aku menegur dan menghajar mereka yang Kukasihi.


[1]. “karena teguran yang keras”: apakah dari Celano sendiri atau dari teks-contoh tidaklah jelas, tetapi kata-kata ini tidak terdapat ditempat lain.