Hari 5: Pengampunan

05/12/2019
Oleh   |  Tampilan Cetak Tampilan Cetak
Dilihat: 29 kali

Adven Bersama St. Fransiskus Assisi
Hari 5: Pengampunan

 

Inspirasi: Ampunilah kesalahan kami: karena belaskasih-Mu yang tak terperikan, karena daya kekuatan sengsara Putra-Mu yang terkasih, dan karena jasa serta perantaraan Santa Perawan Maria dan semua orang pilihan-Mu. Seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami: apa yang tidak kami ampuni sepenuhnya, buatlah, ya Tuhan, agar kami ampuni sepenuhnya; agar kami sungguh-sungguh mengasihi musuh kami karena Engkau dan dengan bakti berdoa bagi mereka di hadapan-Mu, dan tidak membalas kejahatan seorang pun dengan kejahatan, tetapi mengusahakan apa yang men guntungkan bagi semuanya di dalam Engkau. (UrBap 7-8)

Doa: Allah Maha Pengampun, harapan dan tekanan yang sering kali menyertai masa suci ini terkadang membuat luka dan dendam lama muncul ke permukaan, juga luka-luka yang baru pun berdatangan. Melepaskan rasa sakit merupakan hal yang sulit untuk kulakukan dalam hidup ini. Semoga aku berusaha untuk mengampuni seperti Engkau mengampuni, karena dalam pengampunan datang kesembuhan. Amin

Aksi: Mengampuni tidak berarti melupakan, tetapi melepaskan dendam dan kebencian yang kamu simpan. Apakah ada relasi dalam hidupmu yang memerlukan penyembuhan? Marilah kita lepaskan dendam hari ini dan lakukanlah hal nyata untuk menyambut tangan rekonsiliasi.

(Sdr. Oki Dwihatmanto OFM)