Hari 4: Kesederhanaan dan Kemiskinan

04/12/2019
Oleh   |  Tampilan Cetak Tampilan Cetak
Dilihat: 52 kali

Adven Bersama St. Fransiskus Assisi
Hari 4: Kesederhanaan dan Kemiskinan

 

Inspirasi: Apabila saudara-saudara bepergian di dunia, janganlah mereka membawa apa-apa dalam perjalanan, entah pundi-pundi ataupun bekal atau roti atau uang, ataupun tongkat. Di rumah mana pun mereka masuk, hendaklah mereka mengatakan lebih dahulu: Damai sejahtera bagi rumah ini. Hendaklah mereka tinggal di rumah itu, makan dan minum apa yang ada pada orang-orang itu… Siapa pun mengambil jubah mereka, janganlah mereka halangi untuk mengambil baju mereka juga. Hendaklah mereka memberi kepada setiap orang yang meminta; dan janganlah mereka menuntut kembali barang kepunyaan mereka yang telah diambil orang dari mereka. (AngTBul X:1-3;5-6)

Doa: Tuhan, begitu banyak orang yang menjadikan barang-barang sebagai fokus utama pada masa kelahiran-Mu. Aku menyadari bahwa hal-hal materi itu hanya berguna sejauh membantuku bertumbuh dalam relasi dengan Engkau. Bantulah aku untuk belajar dari teladan Fransiskus: semakin sedikit yang kumiliki, semakin sedikit yang aku kuatirkan dan semakin bisa aku memusatkan perhatian pada apa yang paling penting, yaitu Engkau sendiri. Amin

Aksi: Teman atau orang istimewa bagimu memiliki segala hal. Kira-kira apa yang bisa kamu beli untuknya sebagai bentuk perhatianmu? Daripada membeli sesuatu, biarlah orang istimewa ini tahu betapa berharganya dia bagimu melalui sebuah kartu atau surat atau sapaan penuh kasih.

(Sdr. Oki Dwihatmanto OFM)