Hari 2: Bertumbuh dalam Keutamaan Kesabaran

02/12/2019
Oleh   |  Tampilan Cetak Tampilan Cetak
Dilihat: 34 kali

Adven Bersama St. Fransiskus Assisi
Hari 2: Bertumbuh dalam Keutamaan Kesabaran

 

Inspirasi: Di mana ada kesabaran dan kerendahan hati, di situ tidak ada amarah dan kegelisahan. (Pth XXVII:2). Hendaknya saudara-saudara bersikap waspada terhadap setiap kesombongan, kemuliaan sia-sia, iri hati, keserakahan, keprihatinan dan kekhawatiran dunia ini, umpatan dan gerutu; tetapi yang hendakanya mereka perhatikan ialah keinginan untuk memiliki Roh Tuhan melampaui segala-galanya dan membiarkan Dia berkarya di dalam diri mereka; ingin selalu berdoa kepada-Nya dengan hati yang murni; ingin rendah hati, sabar dalam penganiayaan dan sakit. (AngBul X:7-9)

Doa: Tuhan, dalam masyarakat yang ingin serba instan, kesabaran merupakan keutamaan yang perlu diperjuangkan. Ingatkanlah aku ya Tuhan supaya tidak menuntut untuk segera terpenuhi segala hal yang aku inginkan atau segera terjawab apapun yang aku tanyakan. Dalam penantian, biarkanlah aku belajar lebih banyak tentang diriku sendiri, belajar lebih menyadari apa yang sungguh penting dalam hidup, dan belajar lebih menghargai segala hal yang harus aku tunggu. Amin

Aksi: Ketika seseorang atau situasi menyebabkan kamu harus menunggu hari ini, sabarlah dan pandanglah orang atau situasi itu sebagai suatu rahmat. Seberapa pentingkah yang kamu inginkan itu sehingga harus segera diperoleh? Apa yang kamu pelajari tentang dirimu sendiri ketika sedang menunggu? Apa yang menarik di sekitarmu ketika kamu bersabar dan menunggu?

(Sdr. Oki Dwihatmanto OFM)