5. Biara OSC di Yogyakarta

09/08/2011
Oleh   |  Tampilan Cetak Tampilan Cetak
Dilihat: 11.746 kali

SELAYANG PANDANG OSC YOGYAKARTA
(Oleh Sr. Margaretha, OSC)

Mengenang penuh syukur 75 tahun OSC di Indonesia, kami kawanan kecil di biara St. Clara – Santren, Yogyakarta yang saat ini beranggotakan 4 suster profesi mariah, tak henti-hentinya bersyukur atas penyertaan Allah dalam perjalanan Ordo kami, dari awal kedatangannya di Indonesia dan kehadirannya di Keuskupan Agung Semarang.

Dalam melanjutkan hidup kontemplatif seturut semangat Santa Clara di jaman ini, maka acara harian kami adalah:
04.15 Ibadat bacaan, dilanjutkan meditasi
05.15 Ibadat pagi
05.45 Angelus
05.55 Perayaan ekaristi
06.45 Makan, kerja tangan
11.45 lbadat siang, rekreasi bersama
12.00 Angelus, makan siang, melanjutkan pekerjaan, istirahat siang
16.30 Ibadat sore, devosi bersama, bacaan rohani
18.00 Angelus, makan sore, rekreasi bersama
20.00 Ibadat penutup
Catatan: setiap Hari Jumat tidak ada rekreasi.

Biara St. Clara Santren termasuk ke dalam paroki St. Yohanes Rasul – Pringwulung. Di paroki ini terdapat 24 biara dari berbagai tarekat religius. Setiap pagi ada perayaan ekaristi di kapel kami yang dilayani oleh para saudara dina dan diikuti oleh umat sekitar biara dan juga para religius. Liturgi pada hari Minggu dan pada hari-hari Raya dibantu oleh kaum religius dan umat awam sehingga perayaan ekaristi menjadi semarak dan hikmat. Tradisi novena St. Antonius dari Padua dilaksanakan pada setiap hari Selasa dalam perayaan ekaristi-sepanjang tahun, kecuali pada masa oktaf natal dan oktaf paskah.

Devosi ini diprakarsai oIeh Sdr. Martin Sardi OFM beberapa tahun yang lalu dan tetap berlangsung sampai sekarang. Banyak umat menghadiri novena tersebut. Pada hari pesta St. Antonius Padua, tanggal 13 Juni ada tradisi “roti Antonius.” Pada saat itu umat membawa roti yang dipersembahkan di depan Altar selama perayaan Ekaristi berlangsung, kemudian diberkati oleh Imam. Setelah perayaan Ekarlsti selesai, roti-roti tersebut dlsantap bersama oleh umat di halaman depan biara. Biasanya yang hadir pada hari pesta St.Antonius ini kurang lebih 75 orang.

Perayaan Ekaristi pada hari Minggu dihadiri sekitar 200 orang, dan pada hari biasa kurang lebih 30 orang. Perayaan Ekaristi akan dihadiri banyak pelajar dan mahasiswa menjelang hari-hari ujian dan ulangan. Para religius masih sering memakai biara kami untuk mengadakan retret-retret pribadi sambil mengikuti acara doa kami. Para tamu yang minta didoakan dan yang berkonsultasi dengan kami adalah sangat bervariasi (palajar, mahasiswa-mahasiswi, pagawai, pasutri). Ada juga para pelajar SMU (bukan hanya dari sekolah Katolik saja) yang mau mengenal cara hidup kami. Mereka datang secara berkelompok dalam rangka menyelesaikan tugas mata pelajaran Religiositas. Kelompok-kelompok mahasiswa-mahasiswi lintas agama berkunjung untuk berdialog dengan kami. Relasi kami dengan masyarakat sekitar (RT, RW dan tetangga non Katolik) tidak ada masalah. Mereka bisa menerima dan memahami kami sebagai religius kontemplatif.

Untuk menjaga keseimbangan hidup rohani dan jasmani, kami melakukan pekerjaan tangan dengan berkebun kecil-kecilan, menanam sayuran, tanaman hias, memelihara kebersihan dan penghijauan biara. Kami juga menerima pesanan pakaian perlengkapan liturgi. Demikianlah sharing pengalaman hidup kami dari kawanan kecil biara Santa Clara, Santren – Yogyakarta.

Tugas-tugas Para Suster di Biara Santa Clara Yogyakarta
1. Sr. Margaretha : Penanggung Jawab
2. Sr. Anna : Dapur, Paramentik
3. Sr. Theresia : Kosteres
4. Sr. Koleta : Kebun, Humas

Pages: 1 2 3 4 5 6 7

3 komentar pada 5. Biara OSC di Yogyakarta

  1. Veronica Majaboeboen
    28/06/2013 at 17:59

    Kami mohon Suster2 mendoakan anak kami Titania untuk penyembuhan dan dibebaskan dari kekuasaan jahat dan roh2 iblis. Anak kami sdh berbaring 10 hr ci ICU. Atas doa2nya kami ucapkan banyak terima kasih kepada suster2.

  2. fransiska yola
    12/12/2011 at 16:51

    salam untuk suster-suster biara St.Clara,,
    saya yola suster, jadi kangen sama suster-suster di jogja setelah liat foto-foto ini
    suster sehat-sehat saja kan??

    • Framinor
      12/12/2011 at 17:23

      Shalom Saudari Yola,
      pesan Anda sudah diteruskan kepada para suster Klaris. FYI, para suster Klaris yang bertugas di Yogyakarta saat ini adalah:
      1. Sr. Anna (sebagai Penanggung Jawab)
      2. Sr. Caspara (sebagai wakil dan kosteres)
      3. Sr. Koleta (bag. dapur)
      4. Sr. Magdalena (bag. kebun)

Kirim komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *