5. Biara OSC di Yogyakarta

09/08/2011
Oleh   |  Tampilan Cetak Tampilan Cetak
Dilihat: 11.739 kali

PENGALAMAN PARA SUSTER YANG PERNAH TINGGAL DI BIARA SANTREN
Berikut ini cuplikan tulisan beberapa suster biarawati yang pernah tinggal di biara Santren – Yogyakarta:

Para anggotanya mengalami dan mengakui bahwa di satu pihak luas lokasi biara tidak mencukupi untuk mewujudkan kehidupan kontemplatif udara yang panas, suasana sakitar biara yang sudah ramai (thn 2000). Tetapi di lain pihak, dalam keadaan demikian para anggota biara tetap mengusahakan hidup doa dangan baik, umat masih merasakan kenyamanan biara (sejuk, hening dan tenang).

Relasi dangan para saudara dina masih berlangsung dangan baik dalam hal liturgi, palajaran dan urusan profan (mencarikan buku-buku, tanaman untuk hiasan kapel dan keperluan rumah tangga, serta membayar tagihan listrik/telepon).

Relasi dengan umat berlangsung baik (konsultasi, mendoakan mereka), karena mereka mengalami dan mengimani bahwa permohonan mereka terkabul atas bantuan Bunda Maria dan St.Clara lewat doa-doa para suster.

Para religius yang lain, khususnya KEKANTA (Keluarga Fransiskan/Fransiskanes Yogyakarta) dengan sukarela membantu para suster dalam hal liturgi. Para suster terbuka menjalin relasi dengan umat beragama lain. Kadang para suster menerima para rnahasiswa-mahasiswi IAIN yang datang mengunjungi biara Santren dengan maksud untuk mengenal hidup kontemplatif dalam rangka studi banding tentang agarna. Pemah terjadi bahwa para mahasiswa ini mengikuti Perayaan Ekaristi atas ijin dari P. C. Groenen OFM.

Relasi dengan masyarakat sekitar terjalin baik, dan sampai sejauh ini para suster belum pernah mengalami masalah dengan mereka. Kehadiran biara di Yogyakarta ini memberi kesempatan kepada umat untuk lebih mengenal kehidupan suster-suster Claris, khususnya bagi para pemudi yang berminat untuk menjadi pengikut Kristus dalam semangat Santa Clara dari Assisi.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7

3 komentar pada 5. Biara OSC di Yogyakarta

  1. Veronica Majaboeboen
    28/06/2013 at 17:59

    Kami mohon Suster2 mendoakan anak kami Titania untuk penyembuhan dan dibebaskan dari kekuasaan jahat dan roh2 iblis. Anak kami sdh berbaring 10 hr ci ICU. Atas doa2nya kami ucapkan banyak terima kasih kepada suster2.

  2. fransiska yola
    12/12/2011 at 16:51

    salam untuk suster-suster biara St.Clara,,
    saya yola suster, jadi kangen sama suster-suster di jogja setelah liat foto-foto ini
    suster sehat-sehat saja kan??

    • Framinor
      12/12/2011 at 17:23

      Shalom Saudari Yola,
      pesan Anda sudah diteruskan kepada para suster Klaris. FYI, para suster Klaris yang bertugas di Yogyakarta saat ini adalah:
      1. Sr. Anna (sebagai Penanggung Jawab)
      2. Sr. Caspara (sebagai wakil dan kosteres)
      3. Sr. Koleta (bag. dapur)
      4. Sr. Magdalena (bag. kebun)

Kirim komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *