Perjalanan Spiritual dan Pelayanan Misionaris Bersama Ordo Fratrum Minorum (OFM)

Ordo Fratrum Minorum (OFM), yang lebih dikenal sebagai Ordo Fransiskan, menawarkan perjalanan spiritual yang mendalam bagi para anggotanya. Dengan mengikuti jejak Santo Fransiskus dari Assisi, setiap anggota dihadapkan pada kesempatan untuk merasakan kedamaian yang sejati melalui pelayanan misionaris yang tulus.

OFM adalah tempat di mana spiritualitas dan pelayanan bersatu padu. Santo Fransiskus yang dikenal dengan kesederhanaannya, mendirikan ordo ini dengan visi yang jelas: hidup dalam harmoni dengan semua ciptaan Tuhan dan melayani sesama tanpa pamrih. Para anggota OFM diajak untuk hidup dalam pengabdian dan pelayanan yang penuh kasih dengan mengikuti contoh teladan ini.

Mengapa Bergabung dengan OFM?

Bergabung dengan OFM bukanlah sekadar panggilan religius, tetapi juga kesempatan untuk mendalami kehidupan spiritual dengan cara yang mendalam. Berikut beberapa alasan mengapa banyak orang memilih untuk menjadi bagian dari Ordo Fransiskan:

  • Mendalami kehidupan sederhana: Hidup dalam kesederhanaan dan kebijaksanaan adalah inti dari pengajaran Santo Fransiskus. Anggota diajak untuk menjalani hidup dengan bijaksana, menghargai setiap hal kecil, dan selalu bersyukur.
  • Pelayanan kepada sesama: Semangat pelayanan adalah landasan dari OFM. Melayani dengan sepenuh hati tanpa mengharapkan imbalan, membantu orang-orang yang membutuhkan, dan selalu hadir bagi sesama.
  • Kedamaian batin: Melalui doa, mediasi, dan refleksi, anggota OFM diajak untuk menemukan kedamaian sejati. Kedamaian ini dirasakan bukan hanya dalam hati, tetapi juga dalam tindakan sehari-hari.
  • Pendidikan dan pembelajaran: OFM juga menyediakan berbagai program pelatihan dan pembelajaran yang bertujuan untuk memperkaya pengetahuan spiritual dan teologis para anggotanya.

Cara Bergabung dengan OFM

Jika Anda merasa terpanggil untuk bergabung dengan OFM dan ingin menjadi bagian dari perjalanan spiritual ini, langkah-langkah berikut mungkin dapat membantu:

  • Hubungi kantor OFM terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang proses pendaftaran dan persyaratan yang harus dipenuhi.
  • Ikuti retret atau kegiatan pendalaman spiritual yang diadakan oleh OFM untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang kehidupan di dalam ordo ini.
  • Lakukan refleksi pribadi dan berdiskusi dengan pembimbing rohani untuk memastikan bahwa ini adalah jalan yang diinginkan dan sesuai dengan panggilan.

Bergabung dengan Ordo Fratrum Minorum adalah langkah besar menuju kehidupan yang lebih berpusat pada Tuhan dan pelayanan kepada sesama. Melalui kehidupan sederhana, pelayanan misionaris, dan pencarian kedamaian batin, setiap anggota dapat merasakan cinta kasih yang mendalam dan sejati, menemukan makna hidup yang lebih kaya dan penuh harapan.