Triduum Fransiskus Assisi 2010 – Menjadi Saudara bagi Semua

01/10/2010
Oleh   |  Tampilan Cetak Tampilan Cetak
Dilihat: 888 kali

Pax et Bonum, Damai dan Sejahtera

Setiap menjelang peringatan wafatnya St. Fransiskus Assisi yang pestanya dirayakan oleh Gereja pada tanggal 4 Oktober, keluarga besar fransiskan-fransiskanes menyambutnya dengan persiapan 3 hari yang disebut dengan “Triduum”. Selama tiga hari itu mereka mengadakan semacam rekoleksi yang biasanya dilaksanakan per komunitas dengan menimba nilai-nilai Injili yang ditunjukkan oleh bapa pelindungnya – yaitu Fransiskus Assisi.

Tema yang dipilih oleh panitia untuk perayaan Fransiskus tahun 2010 adalah “Menjadi Saudara Bagi Semua”. Berangkat dari tema ini ada tiga pokok permenungan yang ingin didalami.

Pertama adalah kita akan mencoba belajar dari Fransiskus sendiri. Bagaimana Fransiskus menghayati dan menjalankan hidup sebagai saudara. Fransiskus merupakan contoh manusia yang sungguh bisa menjadi saudara bagi sesama dan alam ciptaan yang aktual sepanjang zaman.

Kedua adalah mengenai apa saja hal-hal mendasar yang harus kita lakukan untuk mengkongkritkan bahwa kita adalah saudara bagi semua. Kami mencoba menawarkan nilai-nilai keadilan, perdamaian, dan keutuhan ciptaan sebagai landasan untuk menjadikan niat kita menjadi saudara bagi semua menjadi konkrit.

Ketiga Kita akan kembali kepada diri kita masing-masing. Merenung mengenai arti menjadi saudara. Bagaiamana kita melihat saudara sebagai anugera. Jadi alurnya jelas pertama kita belajar dari Fransiskus bapa kita, kemudian masuk pada tindakan konkrit, dan terakhir kita diajak untuk kembali melihat diri.

Silahkan klik masing-masing link di atas untuk membacanya.

Kirim komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *