Sejarah Singkat Para Pengikut St. Clara

Dilihat: 2.238 kali

[ Index Buku  St. Clara dan Warisan Rohaninya ] [ Index Ordo St. Clara ]

Bagian VII
Sejarah Singkat Para Pengikut St. Clara dari Assisi

[Prakata] [Bab 1] [Bab 2] [Bab 3] [Bab 4] [Penutup]

 

PRAKATA

Dengan sengaja karangan ini diberi judul: “Sejarah singkat para pengikut St. Klara”. Barangkali orang bertanya: Mengapa tidak diberi judul: “Sejarah Ordo St. Klara”. Adapun sebabnya ialah: Tidak ada sebuah Ordo St. Klara atau Ordo Klaris (Poor Clares), seperti misalnya ada Ordo Saudara Dina (yang bercabang tiga). Para pengikut St. Klara tidak mempunyai struktur (hukum) sebuah Ordo, tidak ada suatu pusat; tidak ada suatu pimpinan pusat; tidak ada propinsi. Hanya ada “rumah”, “biara”, yang cuma secara longgar sekali kadang-kadang sedikit banyak bergabung. Malah tidak ada Ordo Klaris seperti Ordo Benediktin (Benediktines). Ordo S. Benediktus memang juga tidak mempunyai tatanan umum. Masing-masing rumah/biara lebih kurang mandiri. Namun ada sesuatu kesatuan dasar untuk semua, yakni Anggaran Dasar Benediktus untuk semua. Sebaliknya para pengikut Klara malah tidak mempunyai satu Anggaran Dasar yang berlaku untuk semua. Mereka hanya lebih kurang kuat diinspirasikan oleh gagasan dan visi St. Klara, tetapi tidak menuruti satu interprestasi yang tercantum dalam satu dokumen.

Dan justru situasi itulah yang amat mempersulit menulis sebuah sejarah lengkap dan terperinci para pengikut St. Klara, yang sudah berjalan tujuh abad lebih. Tiap-tiap kelompok, sering kecil sekali, bahkan tiap-tiap rumah/biara mempunyai sejarahnya sendiri. Arsip-arsip tidak terurus atau tersimpan. Karena itu penyelidikan terinci tidak hanya sulit, tetapi malah mustahil. Maka hanya garis-garis besar saja yang dapat digali.

Karena itu pun hampir saja tidak ada seorang ahli ilmu sejarah yang memberanikan diri mengarang sebuah “Sejarah Ordo II”, seperti ada “Sejarah Ordo I”. Yang sampai sekarang tersedia hanyalah: I. Omaeckevarria, Las clarissas a travel de los siglos, Madrid 1972.

Pages: 1 2 3 4 5 6