Sdr. Pierbattista Pizzaballa OFM diangkat menjadi Administrator Apostolik Yerusalem

27/06/2016
Oleh   |  Tampilan Cetak Tampilan Cetak
Dilihat: 171 kali

Pierbattista Pizzaballa OFM diangkat menjadi Administrator Apostolik YerusalemVatikan, 24 Juni 2016.

Bapa Suci telah mengangkat Sdr. Pierbattista Pizzaballa, OFM menjadi Batrik Gereja Ritus Latin Yerusalem di Palestina, Yordania dan pulau Siprus; sekaligus mengangkatnya setaraf tingkat Uskup Agung. Dia menggantikan Mgr. Fouad Twal yang permohonan untuk meninggalkan reksa pastoralnya sebagai Batrik telah dikabulkan. Permohonan ini diajukan karena dia telah mencapai batas umur tertinggi.

Uskup Agung Pizzaballa dilahirkan di Cologno al Serio, Italia, pada 1965, mengikrarkan kaul kebiaraannya pada 1989, dan ditahbiskan menjadi imam pada 1990. Dia memperoleh titel Bakalaoreat dalam ilmu ketuhanan dari Universitas Kepausan Antonianum, Roma dan menyelesaikan studinya di Studium Biblicum Fransiscanum di Yerusalem. Selanjutnya dia bertugas sebagai profesor pada Fakultas Ilmu-ilmu Biblis dan Arkeologis Fransiskan di Yerusalem dalam bidang bahasa Ibrani Biblis. Dia mulai tugasnya dalam Kustodia Tanah Suci pada 1999 dan pada 2011 diangkat menjadi Gardian di Biara St. Simeon dan Anna di Yerusalem. Dia bertugas sebagai Wakil Batrik dari 2003 sampai 2008.

Definitorium General OFM mengangkatnya menjadi Kustos Tanah Suci dan Gardian Biara Bukit Sion pada 2004. Peran ini dilaksanakan sampai bulan April tahun 2016 ni.

Sumber: http://www.ofm.org/ofm/?p=11046&lang=en

Diterjemahkan oleh: Alfons S. Suhardi, OFM

Kirim komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *