Paus Fransiskus Menerima Keempat Minister General Fransiskan Di Vatikan

02/05/2017
Oleh   |  Tampilan Cetak Tampilan Cetak
Dilihat: 283 kali

Pada 10 April 2017, Paus Fransiskus menerima keempat Minister General dari Ordo-ordo Fransiskan di Vatikan: Michael Anthony Perry, OFM,  Mauro Johri, OFMCap., Marco Tasca, OFMConv. and Nicholas Edward Polichnowski, TOR.

Sri Paus dan keempat Minister General OFM

Sri Paus dan keempat Minister General OFM

Pater Michael berbicara dengan Radio Vatikan perihal pertemuan mereka dengan Sri Paus itu:

Tanya: Berapa lama pertemuan itu dan apa saja yang telah kalian bicarakan dengan Sri Paus?

Jawab: Pertemuan itu berlangsung sekitar 35 menit. Kami berbicara perihal kunjungan Paus ke Mesir dan kenyataan bahwa kami akan segera merayakan 800 tahun sesudah kunjungan St. Fransiskus Asisi ke Damietta, Mesir, di mana St. Fransiskus berjumpa dengan Sultan Malik el Kamil sebagai sebuah langkah menuju ke dialog dengan umat Muslim. Kami juga berbicara perihal Aleppo: Saya telah mengunjungi Syria dan kembali dua hari yang lalu. Saya berada di Aleppo, Damascus dan Latakia; di sana saya mengunjungi para Saudara Dina yang tetap tinggal di sana bersama dengan orang-orang Kristen. Mereka semua ingin mengucapkan terimakasih kepada Sri Paus Fransiskus yang memberikan perhatian pada situasi krisis mereka dan juga bagi bantuan finansial yang telah Sri Paus kirimkan kepada mereka baru-baru ini. Kami telah memberikan laporan perihal bagaimana bantuan finansial itu telah dipergunakan demi kesejahteraan umat Kristen dan Muslim.

Tanya: Apa yang Anda ingat perihal apa yang diungkapkan oleh Sri Paus perihal serangan terhadap gereja Koptik di Mesir atau perihal situasi di Syria dan Iraq, atau serangan-serangan di Eropa?

Jawab: Sri Paus selalu mengajak dan mendorong kita memberikan dukungan dan doa bagi semua keadaan yang mengakibatkan kehancuran ini.

Tanya: Topik-topik lain, perihal apa?

Jawab: Kami terutama berbicara perihal langkah-langkah yang sedang kami usahakan demi menjalin komunikasi di antara kami, di antara berbagai Ordo dari keluarga Fransiskan. Paus Fransiskus memberikan perhatian yang besar.

Tanya: Dalam hal apa saja langkah ini?

Jawab: Kami sekarang ini sedang melaksanakan berbagai proyek. Yang pertama:sedang berlangsung proses penyatuan kembali Universitas Fransiskan di Roma, di antara Saudara-saudara Dina, Saudara-saudara Kapusin, Konventual dan para anggota Ordo III Regular. Kami juga mempunyai proyek-proyek lain bagi persaudaraan di Tanah Suci dan tempat-tempat yang lain lagi. Kami, para Minister General, mengkhususkan berbagai kesempatan setiap tahun untuk memperkuat dan memberi tekanan pada dimensi kommunio di antara kami. Tambahan lagi, kami berbicara perihal pentingnya kemungkinan mengizinkan para saudara dina awam untuk melayani, dengan melibatkan Uskup setempat dalam Ordo masing-masing.

Tanya: Perihal butir saudara awam ini, apa yang dikatakan? Apa yang diungkapkan Sri Paus kepada kalian?

Jawab: Paus Fransiskus sedang mencari bersama kami adanya kemungkinan melaksanakan proyek ini. Kami mengirim surat kepada Sri Paus, sebagai permohonan resmi, formal, memohon dispensasi, anugerah bagi kami para Fransiskan.

Tanya: Apa maknanya hal itu bagi mereka yang awam itu? Apa yang dapat diperankan oleh Saudara-saudara Dina awam?

Jawab: Saudara-saudara awam dapat menjadi gardian dari persaudaraan setempat, provinsial dan bahkan Minister General atau Vikaris General. Semua peran pelayanan dalam Ordo.

 

Sumber: https://ofm.org/blog/pope-received-general-ministers/

Penerjemah: Alfons S. Suhardi, OFM

 

Kirim komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *