Francesco Patton OFM – Kustos Baru Tanah Suci

31/05/2016
Oleh   |  Tampilan Cetak Tampilan Cetak
Dilihat: 164 kali

New Custos of Holy Land 2016Sudah cukup lama persaudaraan Fransiskan Indonesia (Provinsi St. Mikael) mengutus beberapa saudara untuk melayani Kustodia Tanah Suci. Sekarang ini ada tiga saudara yang berkarya di sana: saudara Vincent Kwek, Theodorus Betha Herdistyan dan Melanius Jordan Sesar, yang sekarang ini sedang dikirim ke Roma untuk melanjutkan studinya.

Oleh karena itu baiklah kita juga sedikit tahu perihal apa yang terjadi di Kustodia Tanah Suci ini.

Menurut Website OFM, Kustodia Tanah Suci baru saja memperoleh seorang Kustos yang baru, yakni Sdr. Francesco Patton. Dia menggantikan Sdr. Pierbattista Pizzaballa, yang telah melayani Tanah Suci sebagai Kustos selama duabelas tahun.

Sdr. Francesco Patton ditunjuk oleh Definitorium General OFM dan kemudian disahkan oleh Takhta Suci, sesuai dengan Statuta Pontifikal perihal Entitas Ordo Fransiskan.

Sdr. Francesco Patton dilahirkan di Vigo Meano dalam keuskupan Trente pada 23 Desember 1963. Dia adalah anggota :Provinsi Fransiskan St. Antonius di Italia. Selain berbahasa Italia, dia lancar berbahasa Inggris dan Spanyol.

Profesi religius pertamanya diikrarkannya pada 7 September 1983 dan profesi meriahnya pada 4 Oktober 1986 dan kemudian ditahbiskan menjadi imam pada 26 Mei 1989. Selanjutnya pada 1993 dia memperoleh gelar Lisensiat dalam bidang Ilmu Komunikasi pada Universitas Salesian di Roma.

Dia telah melaksanakan berbagai bidang tanggung jawab sesuai dengan kemampuannya baik dalam provinsinya maupun dalam Ordo. Dua kali dia menjadi Sekretaris General dalam Kapitel General tahun 2003 dan 2009, Visitator General pada 2003. Juga telah melayani sebagai Minister Provinsial dari provinsi St. Vigilium (Trente, Italia) dari 2008 sampai 2016. Pernah juga menjadi Presiden Konferensi para Minister Provinsial Italia dan Albania (COMPI).

Di luar Ordo, dia juga pernah berjasa dalam berbagai bidang: sebagai anggota Dewan Imam Keuskupan dan Sekretaris dalam Dewan Pastoral Keuskupan dari Keuskupan Trente, sebagai dosen Komunikasi Sosial pada Akademi Studi Teologi Tridentino, sebagai kolaborator Mingguan Keuskupan, dalam Radio Keuskupan dan Telepace Trento serta terlibat dalam lingkungan para wartawan Trentino-Alto Adige sebagai penerbit sejak 1991.

Kontributor:  Sdr. Alfons Suhardi OFM

Kirim komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *