9 Mei

06/03/2012
Oleh   |  Tampilan Cetak Tampilan Cetak
Dilihat: 566 kali

[Index Kalender Fransiskan]

9 MEI
SANTA KATHARINA DARI BOLOGNA
PERAWAN, ORDO II
(PW)

01-katharina-dari-bologna-2

Katharina dilahirkan di Bologna pada tahun 1413. Dalam tahun 1431 ia masuk biara Klaris di Ferrana. Selaku pemimpin novis ia memberikan pelajaran yang ulung. Dalam tahun 1456 ia mendirikan biara Klaris di Bologna. Ia menonjol karena keutamaan-keutamaannya, khususnya kerendahan hati dan kemiskinan. Ia meninggal tahun 1463.

Rumus umum Perawan, Ibadat Harian hlm 926, kecuali:

Antifon Pembukaan:
Marilah kita menyembah Anak Domba, yang diikuti para perawan (WP Alleluya).

IBADAT BACAAN

MADAH

Engkau terbang ke surga sri
Bagaikan merpati putih
Kami melambungkan lagu
Terimalah dengan rela.

Tingkah laku masa muda
Layak ganjaran surgawi
Menyinarkan cemerlangnya
Terangmu di masa datang.

Kau tolak hal duniawi
Hangat kasihmu ke surga
Kau pelihara di sini
Di bangsal Kristus tempatmu.

Terpujilah Yesus mulya
Kusuma bunda nan murni
Bersama Bapa, Roh Kudus
Yang hidup sepanjang masa.
Amin.

BACAAN I
Lihat petunjuk Penanggalan Liturgi.

BACAAN II
Pembacaan dari karya Santa Katharina dari Bologna “Perihal Ketujuh Senjata Rohani”.

Kenakanlah seluruh perlengkapan Allah supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis (Ef 6:11)

Barangsiapa yang sedemikian suci dan berperikemanusiaan, sehingga mau memikul salib demi Yesus Kristus, Penyelamat kita, yang mati di medan perjuangan untuk menghidupkan kita, maka di atas segalanya, ia perlu sekali mengenakan senjata yang dibutuhkan untuk pertempuran itu; lebih-lebih senjata-senjata berikut, yang menurut urutannya, adalah: pertama, usaha yang saksama dan tekun; kedua, tidak mengandalkan diri sendiri; ketiga, mempercayai Allah; keempat, ingat akan sengsara Kristus; kelima, ingat akan kematian sendiri; keenam, ingat akan kemuliaan Allah; dan ketujuh, kewibawaan Kitab Suci, sebagaimana diteladankan Yesus di padang gurun. Orang yang diperlengkapi dengan cincin berharga kehendak baik, yaitu kepada Allah, dan yang ingin mengabdi kepada Allah dalam roh kebenaran, pertama-tama harus memperbaiki diri sendiri dengan pengakuan dosa yang suci dan lengkap, dan berniat teguh untuk tidak mau berbuat dosa berat lagi, dan malahan lebih suka mati seribu kali, jika itu mungkin. Sebab orang yang dihinggapi dosa berat itu, bukan lagi anggota Kristus, tetapi telah menjadi milik iblis; dan lagi, ia dilucuti dari segala anugerah Bunda Gereja Kudus, dan apa yang berguna untuk hidup kekal tidak dapat dilakukannya. Dari sebab itu, seperti telah dikatakan untuk mengabdi kepada Allah dengan setia, perlulah niat teguh untuk menghindari dosa berat. Tetapi perhatikanlah baik-baik; kalau pun engkau jatuh dalam dosa berat, engkau jangan sampai hilang harapan akan kebaikan Ilahi, dan engkau jangan berhenti berbuat baik sekadar kemampuanmu, agar engkau dapat dibebaskan dari dosa itu. Didukung oleh harapan itu, lakukanlah selalu yang baik dalam segala kesempatan hidupmu. Dan lagi, hamba Kristus yang setiawan harus siap sedia untuk menempuh jalan salib; sebab semua yang mengabdi kepada Allah mesti berperang melawan musuh-musuh Allah, dan harus sanggup menerima pelbagai luka yang nyeri dari musuh-musuh itu. Karena itu, perlu senjata-senjata terbaik untuk dapat bertanding dengan gigih melawan musuh-musuh itu.

LAGU BERGILIR
P: Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akal namun tidak putus asa; kami dihempaskan, namun tidak binasa. U: Dalam semuanya itu kita lebih dari orang-orang yang menang, berkat Dia yang mengasihi kita. P: Sebab kami yang hidup ini, terus-menerus diserahkan kepada maut karena Yesus. U: Dalam semuanya itu kita lebih dari orang-orang yang menang, berkat Dia yang mengasihi kita.

DOA PENUTUP
Tuhan Allah, Engkau telah melimpahi Santa Katharina, perawan, dengan anugerah-anugerah surgawi; kami mohon, berilah supaya kami yang mengusahakan keutamaan-keutamaannya di dunia, bersama dia boleh menikmati sukacita yang kekal. Demi Kristus Tuhan kami. Amin.

IBADAT PAGI

MADAH

Mempelai memanggil anda
Ke puncak kesempurnaan
Cepat melangkah ke sana
Setelah meninggal dunia

Memandang cerah ke muka
Taman Fransiskus nan indah
Berbunga lebat marilah
Berbuah bertumpah ruah

Rela memanggul salibmu
Menatap Kristus selalu
Dan meratapi nan pilu
Luka sang mempelai Kristus.

Tubuhmu terkekang dera
Hatimu kauangkat tinggi
Dengan jiwa raga suci
Kau hidup di alam sana.

Sukacita surga mulya
Kaukenyam terus di hati
Dicurahi terang surga
Kau duga misteri suci.

Terpujilah Yesus mulya
Kusuma bunda nan murni
Bersama Bapa, Roh Kudus
Yang hidup sepanjang masa.
Amin.

KIDUNG ZAKARIA
Antifon: Dengan sesungguhnya perawan yang bijaksana menyongsong Kristus, bercahaya di kalangan para perawan bagaikan mentari di angkasa raya (MP Alleluya).

IBADAT SORE

MADAH

Contoh ulung para suster
Guru teladan di depan
Riang melayani semua
Kau pilih yang hina-dina

Ingin masuk alam baka
Mengenyam wajah mempelai
Kau sebut nama selamat
Kau peroleh kenyamanan.

Kini tubuh hati kami
Kau lepas noda dosanya
Agar kami menghadiri
Perjamuan Anak Domba.

Terpujilah Yesus mulya
Kusuma bunda nan murni
Bersama Bapa, Roh Kudus
Yang hidup sepanjang masa.
Amin.

KIDUNG MARIA
Antifon: Ketika Mempelai datang, perawan yang bijaksana siap memasuki perjamuan kawin bersama Dia (WP Alleluya).


Proprium ini disalin seperti apa adanya dari seri Perantau yang diterbitkan SEKAFI tahun 1989 – 1994 oleh P. Alfons Suhardi OFM