4 Oktober

05/09/2011
Oleh   |  Tampilan Cetak Tampilan Cetak
Dilihat: 2.742 kali

[Index Kalender Fransiskan]

4 OKTOBER
HARI RAYA BAPA KITA SANTO FRANSISKUS DARI ASISI
DIAKON, PENDIRI KETIGA ORDO
(HARI RAYA)

fransiskus-asisi

Fransiskus dilahirkan di kota Asisi pada tahun 1181 atau 1182. Ia bertobat setelah melewati masa muda yang riang. Ia melepaskan harta orang tuanya dan mulai mengabdi Tuhan semata-mata. Ia menghayati Injil dan hidup dalam semangat kemiskinan dan mendirikan tiga ordo. Menjelang akhir hidupnya ia menerima stigmata, yaitu luka-luka Yesus Tersalib yang tampak pada kedua telapak tangan, kaki dan lambungnya. Bapa Fransiskus meninggal pada tanggal 3 Oktober sore tahun 1226 di Portiuncula.

Ibadat Sore I | Ibadat Bacaan| Ibadat Pagi | Ibadat Siang | Ibadat Sore II

IBADAT SORE I

MADAH

Senja membayangi bumi
Langit gelap menutupi
Saat ajal telah tiba
Maklum ia sebelumnya

Fransiskus beriman teguh
Pengikut Kristus yang patuh
Kini api mulai reda
Yang bernyala di hatinya.

Putra-putri meratapi
Sekeliling sedih sepi
Bak domba tanpa gembala
Ditinggalkan bapa mulya.

Melayang ke terang tinggi
Tangan murah memberkati
Putra-putri yang di bumi
Dilimpahi rahmat suci.

Singkirkanlah kesesatan
Cacat serta kebobrokan
Utamakan kebajikan
Yang slalu jadi pegangan.

Tutur kata yang menghibur
Hati pun ikut bersyukur
Bagai bintang bercahaya
Menuju surga bahagia.

Puji Bapa serta Putra
Dan Roh Kudus yang mulia
Beri kami bahagia
Kini dan sepanjang masa.
Amin.

PENDARASAN MAZMUR
Ant. 1. Fransiskus, pria Katolik dan apostolik, diutus untuk menyampaikan Injil damai sejahtera.
Mazmur 111 (112), Ibadat Harian hlm 917.
Ant. 2. Dalam hidupnya ia menopang rumah Allah, dan di zamannya ia menegakkan Gereja.
Mazmur 147 (147B), Ibadat Harian hlm 58.
Ant. 3. Keluarkanlah aku dari penjara; orang-orang benar menanti aku di surga, tempat Engkau mengganjari aku.
Mazmur 142, Ibadat Harian hlm 383-384.

BACAAN SINGKAT (Rom 8:10-11)
Jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran. Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.

LAGU SINGKAT
P: Fransiskus yang miskin dan hina dina, * masuk surga serba kaya. U: Fransiskus. P: Ia dihormati dengan madah surgawi. U: Masuk. P: Kemuliaan. U: Fransiskus.

KIDUNG MARIA
Antifon: Fransiskus tunduk seutuhnya kepada Pencipta dan ditaati sekalian makhluk; dan sekalian makhluk digunakannya untuk kemuliaan sang Pencipta.

DOA PERMOHONAN
Marilah kita mohon kepada Allab Bapa, sumber segala kekudusan, supaya Ia mengantarkan kita kepada hidup yang kudus, melalui teladan dan pengantaraan bapak kita Santo Fransiskus; maka, marilah kita berseru:
U: Kami mohon kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.
Bapa yang kudus, Engkau telah membuat hamba-Mu Fransiskus menjadi pengikut putera-Mu yang sempurna, * buatlah supaya dalam menepati Injil Tuhan kami Yesus Kristus kami juga berpaut pada jejaknya dengan setia.
Bapa yang kudus, arahkanlah langkah kami ke jalan damai sejahtera, yang telah ditunjukkan bapa kami Fransiskus, * supaya kami dengan tulus hidup dalam ketaatan, tanpa milik dan dalam kemurnian.
Bapa yang kudus, Engkau merendahkan orang-orang sombong dan meninggikan orang-orang yang rendah hati, * berilah supaya kami menganut cara hidup bapa Serafin dalam kerendahan hati.
Bapa yang kudus, Engkau telah menandai hamba-Mu Fransiskus dengan stigmata suci sengsara Putera-Mu, * ajarilah kami agar dengan hati riang kami bermegah dalam salib Tuhan kami Yesus Kristus.
Bapa yang kudus, Engkau telah memberikan pengampunan kepada para pendosa karena doa-doa bapa Fransiskus, * tunjukkanlah dengan rela cahaya wajah-Mu kepada saudara-saudara kami yang telah meninggal.
Bapa kami.

DOA PENUTUP
Ya Allah, Engkau telah membuat bapa kami Fransiskus menyerupai Kristus dalam kemiskinan dan kerendahan hati; perkenankanlah, supaya dengan berlangkah pada jejaknya, kami dapat mengikuti Putera-Mu dan bersatu dengan Dikau dalam kasih yang riang. Demi Kristus Tuhan kami. Amin.

Pages: 1 2 3 4 5