23 September

09/02/2012
Oleh   |  Tampilan Cetak Tampilan Cetak
Dilihat: 533 kali

[Index Kalender Fransiskan]

23 SEPTEMBER
PENEMUAN KEMBALI JENAZAH SANTA KLARA DARI ASISI
(PFAK)

jenazah-klara-dari-asisi

Jenazah Santa Klara yang meninggal pada tahun 1253, mula-mula dimakamkan di gereja Santo Giorgius di Asisi. Pada tahun 1850, makamnya digali, dan jenazahnya ditemukan. Kini jenazahnya diperlihatkan di dalam basilik Santa Klara, di kota Asisi.

Rumus Umum Para Perawan, Ibadat Harian hlm 926, kecuali:

BACAAN I
Lihat petunjuk Penanggalan Liturgi.

BACAAN II
Pembacaan dari surat Santa Klara kepada Beata Agnes dari Praha.
Siapa yang mencintai barang duniawi, kehilangan buah kasih.

Saudari terkasih, anda adalah mempelai dan ibu dan saudari Tuhanku Yesus Kristus. Anda ditandai dan bercahaya dengan panji keperawanan yang tak tercemar serta kemiskinan yang amat suci. Hendaklah kuat dalam pelayanan suci, yang telah anda mulai dalam kerinduan yang bernyala-nyala kepada Yang Tersalib yang miskin itu. Ia telah menanggung sengsara salib untuk kita sekalian dan dengan merenggut kita dari kekuasaan penguasa kegelapan, dengan mana kita telah terikat belenggu karena pelanggaran leluhur kita yang pertama. Ia memperdamaikan kita dengan Allah Bapa.

Sungguh kemiskinan yang bahagia, yang memberi orang-orang yang mencintai dan menganutnya, kekayaan abadi! Sungguh kemiskinan yang suci! Kepada orang-orang yang memiliki dan menginginkannya, telah dijanjikan Allah kerajaan surga dan hidup kekal dan sudah pasti diberi hidup bahagia! Surga kemiskinan yang berkenan kepada Allah! Tuhan Yesus Kristus, yang dahulu dan sekarang memerintah langit dan bumi, dan yang berkata maka terjadi juga, telah berkenan menganutnya di atas lain-lainnya!

Jadi, jika Tuhan yang demikian besar itu datang ke dalam rahim perawan dan sudi nampak hina dina, papa dan miskin, agar manusia yang begitu miskin dan papa dan amat menderita kekurangan santapan surgawi itu menjadi kaya dalam Dia dengan memiliki kerajaan surga, maka hendaklah anda amat bergembira dan bersukacita, penuh dengan kegembiraan hebat dan sukacita rohani! Anda kan lebih berkenan kepada kehinaan dunia daripada kehormatan duniawi, kepada kemiskinan dari pada kekayaan yang fana di dunia; dan anda pun lebih suka menimbun harta di surga dari pada di dunia, di mana karat menggerogotinya dan ngengat merusakkannya dan maling menggali dan mencurinya. Oleh karenanya upahmu berlimpah-limpah di surga, dan anda patut mendapat sebutan saudari, mempelai, dan ibu dari Putera Bapa yang mahatinggi serta Putera perawan yang amat mulia.

Sebab aku percaya dengan teguh, bahwa anda mengetahui, bahwa kerajaan itu dijanjikan dan dianugerahkan oleh Tuhan semata-mata kepada orang-orang miskin. Sebab siapa yang mencintai barang-barang jasmani, kehilangan buah kasih; dan lagi orang tidak dapat sekaligus mengabdi kepada Allah dan mamon, sebab atau yang satu akan dicintai sedang yang lain akan dibenci, atau yang satu akan dilayani dan yang lain dihinakan. Dan lagi, yang berpakaian tidak dapat bergulat dengan yang telanjang, sebab yang empunya akan lebih cepat dibanting ke tanah. Maka hendaknya dianggap, bahwa tiada seorang pun dapat hidup mulia di dunia dan sekaligus memerintah bersama Kristus di situ juga. Oleh sebab itu, tanggalkanlah pakaian, yaitu kekayaan jasmani, agar anda jangan sampai terkepit sama sekali di bawah si penggelut, dan supaya anda, lewat jalan yang rumit dan pintu yang sempit dapat masuk ke dalam kerajaan surgawi. Sungguh suatu pertukaran yang besar dan terpuji, meninggalkan harta jasmani untuk harta surgawi, memperoleh yang surgawi untuk yang jasmani, menerima seratus kali lipat dari yang satu, dan memilih hidup bahagia yang abadi. Karena itu, pada hematku, aku mesti sedapat-dapatnya minta dengan permohonan sederhana demi kasih Kristus, semoga anda sekadar anda mampu, sudi meneguhkan diri anda dalam pengabdian suci kepada Kristus, serta berkembang dari yang baik kepada yang lebih baik, dari keutamaan ke keutamaan, agar anda dengan segenap keinginan hati mengabdi kepada-Nya begitu rupa, sehingga ia berkenan melimpahkan ganjaran yang diinginkan itu.

LAGU BERGILIR
P: Berbahagialah orang-orang yang diam di rumah-Mu ya Tuhan, yang terus menerus memuji Engkau. Mereka berjalan makin lama makin kuat. * Sebab lebih baik satu hari di pelataran-Mu dari pada seribu hari di tempat lain. U: Berbahagialah. P: Lebih baik berdiri di ambang pintu rumah Allahku dari pada diam di rumah orang-orang fasik. U: Sebab lebih baik.

DOA PENUTUP
Seraya melangsungkan peringatan Santa Perawan Klara, kami mohon kepada-Mu, ya Tuhan, supaya dengan menantikan kebangkitan yang mulia, karena pahala dan teladannya, kami pun diteguhkan dalam pengharapan dan kasih, dan kelak menikmati bagian dalam kemuliaan-Mu yang kekal. Demi Kristus Tuhan kami. Amin.

KIDUNG ZAKARIA
Antifon: Tuhan mengaruniakan kepadanya hiasan kepala akan ganti debu, minyak untuk pesta akan ganti perkabungan, dan lagu pujian akan ganti semangat yang pudar.

KIDUNG MARIA
Antifon: Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku selama-lamanya, sabda Tuhan; dan aku akan menjadikan istriku dalam keadilan dan kebenaran, dalam kasih setia dan kasih sayang.

Proprium ini disalin seperti apa adanya dari seri Perantau yang diterbitkan SEKAFI tahun 1989 – 1994 oleh P. Alfons Suhardi OFM