21 Juli

08/03/2012
Oleh   |  Tampilan Cetak Tampilan Cetak
Dilihat: 692 kali

[Index Kalender Fransiskan]

21 JULI
SANTO LAURENSIUS DARI BRINDISI
IMAM, PUJANGGA GEREJA, ORDO I
(PFAK)
laurensius-dari-brindisi-1

Laurensius dilahirkan di Brindisi, Italia, tanggal 22 Juli 1559. Ia masuk Ordo Saudara Dina Kapusin. Ia adalah ahli teologi yang ulung. Ia mewartakan sabda Tuhan di seantero Eropa. Pernah menjadi Minister Jenderal Ordo Kapusin. Ia menulis beberapa karya teologi. Di tengah perjalanan tugas ia meninggal di Lisabon 22 Juli 1619.

Rumus umum Pujangga Gereja, Ibadat Harian hlm 921, kecuali:

BACAAN I
Lihat petunjuk Penanggalan Liturgi.

BACAAN II
Pembacaan dari kotbah Santo Laurensius dari Brindisi.
Kotbah adalah tugas apostolik.

Jika kita bersama para malaikat di surga dan roh-roh yang berbahagia, yang seperti kita diciptakan menurut citra dan wujud Allah, hendak menempuh hidup rohani, maka seperti roti sehari-hari kita mesti makan rahmat Roh Kudus dan kasih Allah. Tetapi rahmat dan kasih tidak dapat ada tanpa iman; sebab “tanpa iman tidak mungkin orang berkenan pada Allah” (Ibr 11:6). Nah, “iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus” (Rom 10:17), maka dari itu kotbah sabda Allah adalah perlu untuk hidup rohani, seperti penaburan untuk pemeliharaan hidup jasmani.
Oleh sebab itu Kristus bersabda: “Adalah seorang penabur ke luar untuk menabur” (Mat 13:3). Si penabur pergi untuk mewartakan kebenaran. Seringkali kita baca, Allah telah menjadi pewartanya sendiri, misalnya ketika Ia di padang gurun dengan suara lantang memberikan hukum kebenaran dari surga kepada segenap umat. Pernah juga malaikat Tuhan yang mewartakan, ketika Ia menegur umat di “tempat ratap tangis”, karena mereka telah melanggar hukum Allah; dan semua orang Israel mendengar perkataan malaikat, menyesal dalam hatinya dan menangis dengan keras (bdk Hak 2:4). Musa pun mewartakan hukum Taurat kepada seluruh umat di padang Moab sebagaimana nyata dari Kitab Ulangan. Akhirnya datanglah Kristus, Allah manusia, untuk mewartakan firman Allah. Untuk itu rasul-rasul pun diutus-Nya sebagaimana dahulu Ia mengirim nabi-nabi.
Demikianlah, kotbah itu merupakan tugas apostolik, tugas untuk para malaikat dan umat kristiani, sungguh tugas suci. Sebab firman Allah itu tak terhingga nilainya. Ia bagaikan harta yang memuat semuanya, sebab dari padanya datanglah iman, harapan dan kasih, segala keutamaan, segala karunia Roh Kudus, sabda bahagia Injil, segala perbuatan baik, segala pekerjaan mulia kehidupan dan segala kemuliaan firdaus. “Terimalah dengan lemah lembut, sedapnya firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu” (1Yak1:21).
Firman Allah itu terang untuk akal dan api untuk budi, sehingga manusia dapat mengakui dan mengasihi Allah. Bagi manusia batiniah yang hidup dari Roh Kudus, firman itru adalah roti dan air. Tetapi roti itu lebih manis dari pada madu dan sarang lebah, air itu lebih baik dari pada anggur dan susu. Bagi jiwa firman itu adalah harta bernilai rohani; dari sebab itu, disebut juga emas dan permata mulia. Terhadap hati yang bersitegar dalam dosa, firman itu bagaikan palu. Terhadap dunia, daging dan setan, firman itu bagaikan pedang yang mematikan setiap dosa.

LAGU BERGILIR
P: Naiklah ke gunung yang tinggi, hai Sion, pembawa kabar yang baik. U: Katakanlah kepada kota-kota Yehuda: “Lihat, itu Allahmu”. P: Ikutilah aku; pergilah dan wartakanlah Kerajaan Allah. U: Katakanlah.

DOA PENUTUP
Allah yang Mahakuasa, Engkau telah memberi Santo Laurensius dari Brindisi roh nasehat dan kekuatan, agar ia bekerja sebagai pengkotbah dan gembala umat untuk kemuliaan-Mu dan keselamatan bangsa manusia; terangilah kami juga dengan Roh-Mu, agar kami mengenal tugas kami dan menjalankannya dalam kekuatan-Mu. Demi Kristus Tuhan kami. Amin.

KIDUNG ZAKARIA
Antifon: Ia mengabdi kepada Tuhan di dalam kesucian dan kebenaran, dan membimbing umat Allah ke jalan damai sejahtera.

KIDUNG MARIA
Antifon: Pujangga yang mulia, cahaya Gereja kudus, pencinta hukum Tuhan, Santo Laurensius, doakanlah kami pada Putera Allah.

Catatan:
Bila dirayakan sebagai pesta, dipakai rumus umum Pujangga Gereja, Ibadat Harian hlm 921, kecuali:

Pembukaan Ibadat Harian
Antifon: Marilah kita menyembah Allah, sumber pengetahuan dan kekuatan.

IBADAT BACAAN

MADAH

Firman-Nya sampai padamu
Kau diutus mewartakan
Meretas bumi Eropa
Menurut petunjuk Tuhan.

Engkau didengar penguasa
Seruan tobat kaum kaya
Pelipur bagi kaum miskin
Hidupmu yang hina dina.

Yang sesat iman hidupnya
Tolak hukum ajaran-Nya
Kau segarkan ibadahnya
Kautawarkan keselamatan.

Bernyala hebat kotabhmu
Menusuk hati pendengar
Pendosa menepuk dada
Ya Tuhan kami bertobat.

Yang terjerat dalam sesat
Kaulepas jaringan dosa
Kaubuat bersih dosanya
Menuju kebahagiaan.

Puji Syukur bagi Allah
Smoga berkat Laurensius
Dan oleh perantaraannya
Kami pun hidup abadi.
Amin.

PENDARASAN MAZMUR
Ant. 1. Bagi Allah layaklah segala pujian dan kemuliaan, segala syukur dan hormat.
Mazmur 144, lihat Minggu III, Ibadat Harian hlm 605.
Ant. 2. Allah adalah segala kebaikan, kebaikan yang tertinggi, seluruh kebaikan.
Ant. 3. Marilah kita memuji Tuhan dan meluhurkan Dia di atas segala sesuatu, selama-lamanya.

BACAAN I
Pembacaan dari Kitab Kebijaksanaan (Keb 5:14-21)
Orang-orang benar hidup selama-lamanya, mereka diganjar oleh Tuhan.

LAGU BERGILIR
P: Aku berdoa, dan aku diberi pengertian, * aku bermohon lalu Roh Kebijaksanaan datang kepadaku. Dialah yang lebih kuutamakan daripada tongkat dan takhta kerajaan. U: Aku bermohon. P: Jika salah seorang di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, niscaya Allah akan memberikan itu kepadanya; sebab Ia suka memberi dengan murah hati kepada semua orang, tanpa pandang bulu. U: Aku bermohon.

BACAAN II
Pembacaan dari khotbah Santo Laurensius dari Brindisi.
Lihat di atas.

LAGU BERGILIR
Lihat di atas.

DOA PENUTUP
Lihat di atas.

IBADAT PAGI

MADAH

Terpujilah Laurensius
Engkau pemimpin dan guru
Berhiaskan kearifan
Bercahaya kekudusan.

Kini kami memujimu
Di pagi dengan gembira
Lindung kami saudaramu
Yang percaya kepadamu.

Ordo Saudara-saudara Dina
Ingin dina, hidup miskin
Bantu kami ke tujuan
Pasti kau dibimbing Tuhan.

Beri kami memahami
Panggilan menjadi suci
Biar kami tetap setya
Dalam doa, langkah, kata.

Mengikuti teladanmu
Kini benar-benar perlu
Dan sesudah pengabdian
Kami nikimati ganjaran.

Puji dan syukur, ya Allah
Berkat doa Laurensius
Kami pun diperkenankan
Masuk bahagya abadi.
Amin.

PENDARASAN MAZMUR
Ant. 1. Ia mengarahkankeinginannya untuk mencari Tuhan, Penciptanya, dan berdoa kepada Yang Mahatinggi.
Mazmur dan kidung dari Hari Minggu I, Ibadat Harian hlm. 390.
Ant. 2. Ia menjelajah wilayah bangsa-bangsa asing, dan mengutarakan ajarannya.
Ant. 3. Banyak orang memuji pengertiannya, yang tak pernah akan berlalu.

BACAAN SINGKAT
(2Kor 5:14.19-21)
Saudara-saudara, kasih Kristus menguasai kami; Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka. Ia telah mempercayakan berita pendamaian itu kepada kami. Jadi, kami ini adalah utusan-utusan Kristus, seakan-akan Allah menasihati kamu dengan perantaraan kami; dalam nama Kristus kami meminta kepadamu: berilah dirimu didamaikan dengan Allah. Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.

LAGU SINGKAT
P: Orang-orang yang hidup janganlah lagi hidup untuk diri sendiri, melainkan untuk Dia yang telah mati dan telah dibangkitkan bagi mereka, * yaitu Kristus Allah kita. U: Orang-orang yang hidup. P: Ia telah mendamaikan kita dengan Allah dan menugaskan kami dengan pelayan pengampunan. U: Yaitu Kristus. P: Kemuliaan. U: Orang-orang yang hidup.

KIDUNG ZAKARIA
Lihat di atas.

DOA PERMOHONAN
Kristus Tuhan, adalah Jalan, Kebenaran dan Kehidupan yang telah diserahkan Bapa untuk kita; maka marilah kita berdoa: * Tuhan, tariklah kami kepada-Mu.
Engkau tidak datang untuk dilayani, melainkan untuk melayani, * kami hendak melayani Engkau dan sesama manusia dengan rendah hati.
Engkau telah datang untuk menyampaikan Injil kepada orang-orang miskin, * perkenankanlah kami mewartakan kabar gembira itu kepada seluruh ciptaan.
Engkau telah datang untuk memperdamaikan dunia dengan darah-Mu, * biarkanlah kami ikut serta dalam perdamaian bangsa manusia.
Engkau menghendaki kami menjadi garam dan terang dunia, * terangilah kami dengan Roh Kudus.
Bapa kami.

DOA PENUTUP
Lihat di atas.

IBADAT SIANG

Antifon dan Mazmur dari hari yang bersangkutan.

BACAAN SINGKAT
Sebelum tengah hari(Yeh 34:16)
Yang hilang akan kucara; yang tersesat akan kubawa pulang; yang luka akan kubalut; yang sakit akan kukuatkan; yang gemuk dan kuat akan kulindungi. Aku akan menggembalakan mereka dan memelihara mereka sebagaimana seharusnya.
P: Tuhanlah gembalaku.
U: Aku tak akan kekurangan sesuatu pun.

Tengah hari (Yes 52:7)
Betapa indahnya kelihatan dari puncak bukit-bukit kedatangan pembawa berita yang mengabarkan berita damai dan memberitakan kabar baik, yang mengabarkan berita selamat dan berkta kepada Sion: “Allahmu itu Raja!”
P: Bersyukurlah kepada Tuhan, serukanlah nama-Nya!
U: Perkenalkanlah perbuatan-perbuatan-Nya di antara bangsa-bangsa.

Sesudah tengah hari (Ef 1:8-10)
Allah telah melimpahkan kepada kita segala hikmat dan pengertian.Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus, sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.
P: Mulutku mengucapkan puji-pujian kepada Tuhan.
U: Dan hendaknya segala makhluk memuji nama-Nya yang kudus.

IBADAT SORE

MADAH

Kita puji Laurensius
Kar’na kata teladannya
Menurut petunjuk Kristus
Menjadi guru yang lurus.

Yang fana di mata Tuhan
Ditinggalkannya di dunia
Diikutinya Fransiskus
Di masa muda nan ria.

Berjubah tobat nan tulus
Ditempuhnya jalan lurus
Menang dalam perjuangan
Kini tercapai tujuan.

Tergerak sengsara Tuhan
Teriris sembilu duka
Lepaskan semangat dunia
Dipersembahkannya kurban.

Pujian bagi Maria
Bunda Kristus Tuhan kita
Berkat restunya kurnia
Dilimpahkan dari surga.

Puji syukur bagi Allah
Berkat doa Laurensius
Diperkenankan-Nya kami
Masuk bahagia abadi.
Amin.

PENDARASAN MAZMUR
Ant.1. Kristus harus berkuasa sampai Allah menaruh semua musuh di bawah kaki-Nya.
Mazmur 109:1-5.7, Ibadat Harian hlm. 1105.
Ant. 2. Ia menggembirakan Gereja dengan karaya-Nya dan mendatangkan keselamatan kepada Umat Allah.
Mazmur 121, Ibadat Harian hlm. 09.
Ant. 3. Bersyukurlah kepada Tuhan, serukanlah nama-Nya dan maklumkanlah karya-Nya kepada bangsa-bangsa.
Kidung Wahyu 4:11;5:9,10-12, Ibadat Harian hlm. 428.

BACAAN SINGKAT
(Yak 3:17-18)
Hikmat yang dari atas adalah pertama-tama murni, selanjutnya pendamai, peramah, penurut, penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik.Dan buah yang terdiri dari kebenaran ditaburkan dalam damai untuk mereka yang mengadakan damai.

LAGU SINGKAT
P: Tuhan membuka mulutnya, * di tengah-tengah jemaat. U: Tuhan membuka. P: Ia memberi dia hikmat dan pengertian. U: Di tengah-tengah. P: Kemuliaan. U: Tuhan membuka.

KIDUNG MARIA
Lihat di atas.

DOA PERMOHONAN
Marilah kita berseru kepada Kristus, sumber kebijaksanaan dan kekudusan: *
U. Datanglah kerajaan-Mu, ya Tuhan.
Engkau mengutus murid-murid-Mu untuk mewartakan Injil, * kuatkanlah Gereja-Mu dengan Sabda Injil.
Dengan kedatangan-Mu Engkau telah membawa keselamatan kepada dunia, * utuslah pekerja-pekerja yang setiawan ke kebun anggur-Mu.
Engkau telah menganugerahi Santo Laurensius kurnia-kurnia Roh Kudus, dan memamnggilnya untuk pelayanan para saudara, * kuatkanlah persaudaraan kami dalam Roh-Mu.
Dengan perantaraan para gembala Gereja, Engkau memelihara hidup umat-Mu, * hantarlah orang-orang yang telah meninggal ke dalam cahaya kemuliaan-Mu.
Bapa kami.

DOA PENUTUP
Lihat di atas.


Proprium ini disalin seperti apa adanya dari seri Perantau yang diterbitkan SEKAFI tahun 1989 – 1994 oleh P. Alfons Suhardi OFM