20 Oktober

06/09/2011
Oleh   |  Tampilan Cetak Tampilan Cetak
Dilihat: 467 kali

[Index Kalender Fransiskan]

20 OKTOBER
BEATO YAKOBUS DARI STREPA
USKUP, ORDO I
(PFAK)

Selaku putra Santo Fransiskus, ia giat mewartakan iman di Galicia dan Wojlinia. Dalam tahun 1391 ia diangkat menjadi Uskup Agung Lemberg, Polandia. Dengan kegiatan kerasulannya ia mendirikan banyak jemaat baru dalam keuskupannya. Ia meninggal pada tahun 1409.

Rumus Umum Gembala Umat, Ibadat Harian hlm 908, kecuali:

BACAAN I
Lihat petunjuk Penanggalan Liturgi.

BACAAN II
Pembacaan dari buku Santo Bonaventura, “Keenam sayap Serafin” (Bab I, no. 4 dan Bab VII, no. 15)
Seorang Pembimbing Rohani harus menonjol karena kebajikan khusus.

Mereka yang bertugas membimbing orang lain secara berguna, harus dilengkapi dengan pelbagai keutamaan. Ada yang diperlukan untuk dirinya sendiri, supaya ia hidup tak bercela: yang lainnya, diperlukan sehubungan dengan atasannya, yaitu agar dengan rendah hati ia mematuhi hal-hal yang wajib dipatuhinya; keutamaan yang lainnya lagi, diperlukan sehubungan dengan bawahannya, yakni supaya mereka dibimbingnya dengan tepat dan dituntutnya kepada hidup yang lebih baik. Barangsiapa bertugas mengajarkan semua kebajikan, seharusnya memiliki semua kebajikan itu secra mencolok. Namun, seorang pembimbing rohani yang baik, apalagi seorang bairawan, harus juga menonjol karena keutamaan-keutamaan khusus, seperti yang ditulis oleh Yesaya: “Para Serafin, selaku kalangan utama roh-roh surgawi, mempunyai enam sayap” (bdk. Yes 6:2).

Boleh jadi Tuhan menampakkan diri dalam rupa itu kepada Bapa Fransiskus dalam penampakan yang mulia itu, tatkala Ia menandai dia dengan luka-luka sengsara-Nya, untuk menyatakan, bahwa orang-orang yang bertugas memimpin keluarganya dengan berhasil, harus demikian pula, yaitu bersayap secara rohaniah.

Setiap biarawan yang harus membimbing dirinya sendiri dan harus memberikan pertanggung-jawaban kepada Allah dalam pengadilan akhir atas pimpinannya mengenai orang-orang lain dan sejauh ia memerlukannya, harus memperlengkapi dirinya dengan sayap-sayap dan dengan kepak-kepak lain, dan harus mengangkat dirinya ke atas sehingga ia menjadi berkobar-kobar dalam keadilan, penuh belaskasihan kepada sesama demi Allah, sabar dalam kemalangan, membangkitkan semangat orang-orang lain dengan teladan yang baik, berhati-hati dalam segala-galanya, dan lebih-lebih berpaut kepada Allah secara mesra dalam doa yang rajin. Semoga Allah melindunginya dalam segala-galanya, membimbing dan memajukannya, dan akhirnya membuat dia membubung ke surga. Semoga hal ini dianugerahkan oleh Yesus Kristus kepada kita. Amin.

LAGU BERGILIR
P: Datanglah kepada Tuhan, Batu yang hidup itu, * Dan biarkanlah dirimu juga dipergunakan-Nya sebagai batu-batu yang hidup untuk pembangunan rumah rohani, bagi suatu imamat yang kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah. U: Datanglah. P: Inilah batu yang telah menjadi batu sendi. U: Dan biarkanlah. P: Kemuliaan. U: Datanglah.

DOA PENUTUP
Ya Allah, Engkau telah menganugerahkan kepada beato Yakobus dari Strepa, kegiatan besar untuk mewartakan Injil. Berilah agar berkat pengantaraannya, kami mendapat kekuatan baru dan tambahlah iman dan kekudusan di dalam umat-Mu. Demi Kristus Tuhan kami. Amin.

Proprium ini disalin seperti apa adanya dari seri Perantau yang diterbitkan SEKAFI tahun 1989 – 1994 oleh P. Alfons Suhardi OFM