18 Mei

06/03/2012
Oleh   |  Tampilan Cetak Tampilan Cetak
Dilihat: 583 kali

[Index Kalender Fransiskan]

18 MEI
SANTO FELIX DARI CANTALICE
BIARAWAN – ORDO I
(PW)

06-felix-dari-cantalice-2

Felix dilahirkan di Cantalice Italia pada tahun 1515 dan masuk Ordo Kapusin pada tahun 1554. Selama lebih kurang empat puluh tahun ia menjadi pengumpul derma di Roma. Karena itu ia dikenal dengan nama “Bruder Deo Gratias” (Terima kasih Tuhan). Ia menonjol karena kesederhanaan dan kesucian hatinya, serta karena cinta kasihnya kepada sesama. Ia dianugerahi beberapa kharisma. Karena keriangannya banyak orang bersahabat dengannya, antara lain St. Karolus Boromeus dan St. Philipus Neri. Ia meninggal di Roma tanggal 18 Mei 1587.

A. Bila dirayakan sebagai Peringatan Wajib:

Rumus umum Pria Kudus dan Biarawan, Ibadat Harian hlm 936 dan 953, kecuali:

BACAAN I
Lihat petunjuk Penanggalan Liturgi.

BACAAN II
Pembacaan dari Anggaran Dasar Tanpa Bula, 17:5-19
Cintakasih dalam kerendahan hati, kesabaran dan kesederhanaan.

(5) Karena itu, demi cintakasih, yang adalah Allah, aku mohon dengan sangat kepada semua saudaraku; baik pengkhotbah, pendoa maupun pekerja, entah rohaniwan entah awam, agar berusaha merendahkan diri dalam segalanya; (6)tidak memegahkan diri, tidak berpuas-puas diri, dan tidak meninggikan diri dalam batin atas perkataan dan perbuatan baik, bahkan atas kebaikan mana pun yang dikerjakan atau dikatakan dan dilaksanakan oleh Allah sewaktu-waktu dalam diri mereka atau melalui mereka, sesuai dengan firman Tuhan ini: Walaupun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu. (7)Hendaklah kita insafi sungguh-sungguh, bahwa tidak ada yang kita miliki selain cacat-cela dan dosa. (8)Maka kita mesti semakin bergembira apabila ditimpa berbagai pencobaan, dan apabila menanggung impitan, kesusahan jiwa atau badan mana pun di dunia ini demi hidup yang kekal.
(14)Sebaliknya Roh Tuhan menghendaki, agar daging tetap dimatikan dan diaibkan, tetap hina dan nista. (15)Ia mengusahakan kerendahan dan kesabaran serta ketenteraman hati yang sejati, mumi dan sederhana. (16)Di atas segala-galanya Ia senantiasa menginginkan takwa ilahi dan kebijaksanaan ilahi serta cintakasih ilahi Bapa dan Putra dan Roh Kudus.
(17)Marilah kita mengembalikan semuanya yang baik kepada Tuhan Allah Yang Mahatinggi dan Mahaluhur dan mengakui, bahwa semua yang baik adalah milik-Nya. Marilah kita mengucap syukur kepada-Nya atas segala-galanya karena dari Dialah berasal semua yang baik. (18)Dia, Yang Mahatinggi dan Mahaluhur, satu-satunya Allah yang benar, semoga Dia memiliki, dan hendaknya kepada-Nya dikembalikan, dan semoga la sendiri menerima segala hormat dan bakti, segala pujaan dan pujian, segala syukur dan kemuliaan; milik Dialah segalanya yang baik, Dia satu-satunya yang baik.
(19)Bilamana kita melihat atau mendengar orang mengatakan atau melakukan yang jahat atau menghujat Allah, maka marilah kita mengatakan dan melakukan yang baik dan memuliakan Allah, yang terpuji selama-lamanya.

LAGU BERGILIR
P: Segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama tuhan Yesus, sambil mengucapkan syukur kepada Allah, Bapa kita, dengan perantaraan-Nya. U: Ya Tuhan Allah, dengan sukacita kuberikan kepada-Mu persembahan sukarela. P: Yang bodoh dari Allah, lebih besar hikmatnya dari pada manusia dan yang lemah dari Allah, lebih kuat dari pada manusia. U: Ya Tuhan Allah, dengan sukacita kuberikan kepada-Mu persembahan sukarela.

DOA PENUTUP
Ya Allah, Engkau telah menganugerahkan Santo Feliks sebagai teladan kesederhanaan injili serta hidup suci kepada keluarga Serafin dan Gereja seluruhnya. Berilah, supaya dengan mengikuti jejaknya kami berusaha mengasihi dan mengikuti Kristus semata-mata, dengan hati riang. Demi Kristus Tuhan kami. Amin.

KIDUNG ZAKARIA
Antifon: Berbahagialah orang yang membawa damai; berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah (Alleluya).

KIDUNG MARIA
Antifon: Biarkanlah anak-anak itu datang pada-Ku, sebab orang-orang seperti itulah yang mempunyai kerajaan Allah (Alleluya).

B. Bila dirayakan sebagai Pesta:

Dipakai Rumus Umum Pria Kudus dan Biarawan, Ibadat Harian hlm. 936 dan 953, kecuali:

Antifon Pembukaan:
Marilah kita menyembah Allah, yang menyatakan dirinya kepada orang yang kecil (WP Alleluya).

IBADAT BACAAN

MADAH

Ditengah-tengah hidupnya
Diikutinya Fransiskus
Menurut cara hidupnya
Menjadi pengikut Yesus.

Mengikuti jejak Bapa
Setia taat sahaja
Bernyalakan api kudus
Ia pun jadi cahaya.

Dengan hati mata murni
Terarah kepada salib
Diperoleh rahmat Allah
Itu doanya selalu

Lemah-lembut penuh cinta
Dilipurnya orang susah
Tangan terulur nan murah
Pelipur bagi yang duka

Cahaya para saudara
Beri kami budi cerah
Pandanglah dunia ini
Yang penuh duka derita.

Terpujilah Allah Bapa
Putera dan Roh Penghibur
Engkaulah Allah yang Esa
Kini san selama-lamanya.
Amin.

PENDARASAN MAZMUR
Ant. 1. Berbahagialah mereka yang merasakan kenikmatan dan kegembiraan dalam perkataan dan perbuatan kudus Allah (WP. Alleluya).
Mazmur 1, Ibadat Harian hlm 387.
Ant. 2. Kesederhanaan yang suci murni mengacau-balaukan segala kebijaksanaan duniawi ini serta kebijaksanaan daging (WP. Alleluya).
Mazmur 11, Ibadat Harian hlm 417.
Ant. 3. Berbahagialah orang yang membawa damai; berbahagialah orang yang suci hatinya, sebab mereka akan melihat Allah (WP. Alleluya).
Mazmur 23, Ibadat Harian hlm 419.

BACAAN I
Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada Umat di Korintus (1Kor 1:17-21).
Yang lemah dari dunia diplih Allah untuk mempermalukan orang yang kuat.

Sebab Kristus mengutus aku bukan untuk membaptis, tetapi untuk memberitakan Injil; dan itu pun bukan dengan hikmat perkataan, supaya salib Kristus jangan menjadi sia-sia. Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah. Karena ada tertulis: “Aku akan membinasakan hikmat orang-orang berhikmat dan kearifan orang-orang bijak akan Kulenyapkan.” Di manakah orang yang berhikmat? Di manakah ahli Taurat? Di manakah pembantah dari dunia ini? Bukankah Allah telah membuat hikmat dunia ini menjadi kebodohan? Oleh karena dunia, dalam hikmat Allah, tidak mengenal Allah oleh hikmatnya, maka Allah berkenan menyelamatkan mereka yang percaya oleh kebodohan pemberitaan Injil.

LAGU BERGILIR
P: Kebijaksanaan bersinar dan tak dapat layu (WP Alleluya). U: Dan tak dapat layu (WP Alleluya). P: Dan ditemukan oleh mereka yang mencarinya. U: Dan tak dapat layu (WP Alleluya).

BACAAN II
Pembacaan dari Anggaran Dasar Tanpa Bulla, Fasal 17:5-19.
Lihat BACAAN II di atas.

LAGU BERGILIR
Lihat di atas.

DOA PENUTUP
Lihat di atas.

IBADAT PAGI

MADAH

Di masa muda belia
Jelaslah jalan hidupmu
Rindukan baik susila
Jalan arah tujuanmu.

Kau teladani Fransiskus
Aturan cara hidupnya
Pesannya berkembang subur
Hidup sucimu buahnya.

Tubuhmu rumah Roh Kudus
Kaubentuk dengan puasa
Tanpa tobat serta doa
Mengikuti junjunganmu.

Yang susah dan menderita
Mendapat pertolonganmu
Felix dengan doa kami
Kini kau di sisi Tuhan.

Bagi Bapa dan Putera
Serta Roh Kudus Penghibur
Hormat mulya puji syukur
Kini selama-lamanya.
Amin.

PENDARASAN MAZMUR
Ant. 1. Ya Allah, Engkau telah mendengar nadarku dan telah memberikan pusaka kepada orang yang takut kepada nama-Mu (WP Alleluya).
Mazmur dan Kidung dari Minggu I, Ibadat Harian hlm. 390.
Ant. 2. Pujilah Tuhan hai orang-orang yang takwa dan rendah hati (WP Alleluya).
Ant. 3 Tuhan, Engkau memelihara hak-hakku, dan akhirnya menerima aku di dalam kemuliaan (WP Alleluya).

BACAAN SINGKAT (Rom 12:1-2)
Demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah! Itu adalah ibadahmu yang sejati. Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah; apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

LAGU SINGKAT
P: Ia berbuat banyak kebaikan di hadapan Allah * Ia memuji Tuhan dengan segenap hati (WP Alleluya). U: Ia berbuat. P: Ia menghormati Allah dengan seutuh hatinya dan memelihara dirinya bebas dari kesalahan. U: Ia memuji. P: Kemuliaan. U: Ia berbuat.

KIDUNG ZAKARIA
Antifon: Berbahagialah orang yang membawa damai; berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah (Alleluya).

DOA PERMOHONAN
Kristus menghendaki kita mengabdi kepada-Nya seumur hidup kita dalam kekudusan dan kebenaran. Baiklah kita berdoa kepada-Nya:
U: Engkau semata-mata adalah kudus!
Engkau telah memanggil kami kepada hidup yang sempurna, * kuduskanlah kami, Tuhan Yesus.
Engkau telah memberi kami dari diri Santo Felix suatu teladan kesederhanaan Injil, * biarlah kami mengikuti jejaknya, Tuhan Yesus.
Engkau telah melayani dan bukan dilayani, * biarlah kami melayani Engkau dan saudara-saudara kami, Tuhan Yesus.
Engkaulah sumber segala sukacita, * biarlah kami membaktikan hidup kami sebagai persembahan yang riang kepada-Mu, Tuhan Yesus.
Bapa kami

DOA PENUTUP
Lihat di atas.

IBADAT SIANG

Antifon dan Mazmur dari hari yang bersangkutan.

BACAAN SINGKAT
Sebelum tengah hari (Keb 7:27-28)
Walaupun tinggal di dalam dirinya, namun kebijaksanaan membaharui semuanya. Dari angkatan yang satu ke angkatan yang lain ia beralih masuk ke dalam jiwa-jiwa yang suci, yang olehnya dijadikan sahabat Allah dan nabi. Tiada sesuatu pun yang dikasihi Allah kecuali orang yang berdiam bersama dengan kebijaksanaan.
P: Orang-orang yang rendah hati dihantar Tuhan menurut hukum-Nya (WP Alleluya).
U: Orang-orang yang direndahkan, diajari-Nya tentang jalan-Nya (WP Alleluya).

Tengah hari (Yak 2:5)
Dengarkanlah, hai saudara-saudara yang Kukasihi. Bukankah Allah memilih orang-orang yang dianggap miskin oleh dunia ini, untuk menjadi kaya dalam iman dan menjadi ahli waris kerajaan yang telah dijanjikan-Nya kepada barang siapa yang mengasihi Dia?
P: Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah (WP Alleluya).
U: Sebab merekalah yug empunya kerajaan surga (WP Alleluya).

Sesudah tengah hari (Rom 15:13)
Semoga Allah sumber pengharapan memenuhi kamu dengan segala suka cita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah oleh pengharapan.
P: Orang-oreang yang percaya kepada-Mu akan bersuka cita (WP Alleluya).
U: Sebab merekalah yang empunya kerajaan surga (WP Alleluya).

IBADAT SORE

MADAH
Sama seperti madah ibadat pagi.

PENDARASAN MAZMUR
Ant. 1. Tuhan menegakkan orang yang hina dari dalam debu, dan mengangkat orang yang miskin dari lumpur. Ia mendudukkan dia bersama-sama dengan para bangsawan (WP Alleluya).
Mazmur dan kidung rumus umum Gembala Umat, Ibadat Sore, Ibadat Harian hlm 904-906.
Ant. 2. Tak ada cacat cela padanya. Ia diuji dan tidak ditemukan suatu kejahatan padanya. Puji-pujian kepadanya untuk selamanya (WP Alleluya).
Ant. 3. Terpujilah Allah yang telah memilih kita, untuk hidup kudus dan tak bercela di hadapan-Nya (WP Alleluya).

BACAAN SINGKAT (KOL 3:1-4)
Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah. Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi. Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah. Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamu pun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan.

LAGU SINGKAT
P: Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu. * Bersyukurlah. U: Hendaklah. P: Karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. U: Bersyukurlah. P: Kemuliaan. U: Hendaklah.

KIDUNG MARIA
Antifon: Biarkanlah anak-anak itu datang pada-Ku, sebab orang-orang seperti itulah yang mempunyai kerajaan Allah (Alleluya).

DOA PERMOHONAN
Marilah kita berdoa kepada Yesus Penebus kita:
U: Yesus, sumber kebijaksanaan, dengarkanlah kami.
Kristus, Engkau telah memberi murid-murid-Mu perintah kasih sebagai perintah utama, * kuatkanlah usaha mereka dalam berbuat baik satu sama lain.
Kristus, Engkau telah berkata: “Berbahagialah orang yang murni hatinya, sebab mereka akan memandang Allah”. * Bantulah orang-orang mengenali Engkau dalam diri sesama manusia.
Kristus, Engkau tidak segan-segan bekerja dengan tangan-Mu, * berilah agar pekerjaan manusia memuliakan Bapa di surga.
Kristus, Engkau adalah damai sejahtera dan pengampunan kami, * berilah saudara-saudara dan saudari-saudari kami yang telah meninggal, kebahagiaan di kalangan para kudus-Mu.
Bapa kami.

DOA PENUTUP
Ya Allah, Engkau telah menganugerahkan Santo Feliks sebagai teladan kesederhanaan injili serta hidup suci kepada keluarga Serafin dan Gereja seluruhnya. Berilah, supaya dengan mengikuti jejaknya kami berusaha mengasihi dan mengikuti Kristus semata-mata, dengan hati riang. Demi Kristus Tuhan kami. Amin.


Proprium ini disalin seperti apa adanya dari seri Perantau yang diterbitkan SEKAFI tahun 1989 – 1994 oleh P. Alfons Suhardi OFM