12 Oktober

06/09/2011
Oleh   |  Tampilan Cetak Tampilan Cetak
Dilihat: 473 kali

[Index Kalender Fransiskan]

12 OKTOBER
SANTO SERAFINUS DARI MONTEGRANARO
BIARAWAN, ORDO I
(PFAK)

12-st-serafinus-dari-montegranaro
Serafinus dilahirkan di Montegranaro, Italia, dalam tahun 1540. Ia menjadi kapusin, dan mendapat karunia menyembuhkan orang hanya dengan tanda salib. Ia juga mendapat karunia menyelami batin orang. Berbondong-bondong orang awam dan para rohaniwan terkemuka datang kepadanya, untuk minta nasihat. Namun demikian, bruder kapusin ini tetap sederhana dan rendah hati. Ia meninggal pada tahun 1604.

Rumus Umum Pria Kudus dan Biarawan, Ibadat Harian hlm 936 dan 953, kecuali:

BACAAN I
Lihat petunjuk Penanggalan Liturgi.

BACAAN II
Pembacaan dari khotbah Santo Basilius Agung “Perihal Kesempurnaan Rohani”
Kerendahan hati adalah ibu setiap keutamaan.

Jiwa adalah gambaran surga, karena Tuhan diam di dalamnya. Sebaliknya daging berasal dari bumi, yang didiami oleh manusia yang dapat mati dan oleh hewan yang tidak berakal. Jadi, arahkanlah kebutuhan-kebutuhan tubuh kepada jam-jam berdoa; bersedialah melepaskan pikiran yang dapat mengalihkan engkau dari ibadah. Jagalah dirimu tetap bebas untuk doa hening. Allah yang dapat melihat dalam kesembunyian, akan mengganjar engkau secara kelihatan. Pastikanlah keuntungan yang berlimpah bagi dirimu, dengan cara hidup yang terbaik, agar pada hari kesusahan engkau menemukan harta yang terpendam itu. Dalam tugasmu yang banyak itu, hubungkanlah pekerjaan badani dengan kata-kata pemberi semangat dan penghibur. Dengan demikian engkau dapat mengungkapkan cintamu kepada orang-orang yang dipercayakan kepadamu. Demikianlah pelayananmu bernilai kasih, karena dibumbui garam. Tugas yang harus kau tunaikan jangan sampai dirongrong oleh orang lain. Boleh jadi pahalanya diambil dari padamu dan diberikan kepada orang lain: lalu orang lain memperoleh pujian karena hartamu, sedangkan engkau sendiri pergi dengan hina dina. Jauhilah penyalahgunaan yang timbul dari keangkuhan dan kesombongan, seakan-akan Allah akan mengamati. Jauhilah itu juga, apabila tugasmu tampaknya tak berarti. Melayani adalah hebat; dengan melayani, kita memperoleh kerajaan surga. Sebab inilah jaring keutamaan-keutamaan, yang mengandung segala perintah Allah. Pertama-tama, dalam segala keutamaan tercakup kerendahan hati. Dan inilah ibu setia keutamaan, yang memasukkan kepenuhan kebaikan. Di sini berlaku: Aku ini orang asing, Aku ini sakit dan di dalam penjara, dan engkau menaruh perhatian kepada-Ku. Di atas segala-galanya, kewajiban-kewajiban yang penting harus ditepati dengan penuh perasaan rendah hati, tanpa kesombongan, amarah dan menggerutu. Teladanilah orang-orang yang hidup jujur dan camkanlah teladan perbuatan mereka dalam hatimu. Inginlah termasuk kelompok yang kecil itu; yang baik itu jarang; karena itu, hanya sedikit pula yang masuk ke dalam kerajaan surga. Memang ada banyak yang memulai cara hidup yang suci dan saleh, tetapi hanya sedikitlah yang memikul beban ini. Kerajaan surga mesti diperjuangkan, tetapi hanya yang perkasa dapat merebutnya. Demikianlah tertera dalam Injil. Yang dimaksudkan dengan “kekerasan” oleh Injil, ialah kekerasan terhadap badan. Murid-murid yang sejati dengan suka rela mengusahakan hal itu, apabila mereka mengurbankan kehendak mereka sendiri dan kenikmatan hidup dan mengindahkan segala perintah Kristus. Nah, jika engkau mau merebut kerajaan Allah, jadilah perkasa dan bungkukkanlah tengkukmu di bawah beban pengabdian kepada Kristus.

LAGU BERGILIR (Ef 3:19; 1kor 13:4.7)
P: Semoga Tuhan menganugerahkan bahwa engkau mengalami kasih Kristus yang melampaui segala pengetahuan. U: Sehingga engkau dapat memperoleh kepenuh Tuhan. P: Kasih itu sabar, kasih itu lemah lembut, dan tak terbataslah ketangguhannya, orang tetap dapat terus mempercayakan diri, berharap dan mengandalkan kekuatannya. U: Sehingga engkau.

DOA PENUTUP
Tuhan, Bapa kami, Engkau telah memperkaya Santo Serafim dengan berbagai macam anugerah Roh, dan membuatnya menjadi seorang saksi yang menakjubkan akan kekayaan Kristus. Melalui pengantaraannya, buatlah kami berkembang dalam pengetahuan kami akan Dikau, sehingga kami dapat berjalan bersama-Mu dengan setia sesuai dengan kebenaran Injil. Kami mohonkan ini dengan perantaraan Yesus Kristus, Putera-Mu, yang hidup dan bertakhta bersama Dikau, dalam persekutuan Roh Kudus, Allah yang Esa, sepanjang segala masa. Amin.

KIDUNG ZAKARIA
Antifon: Dengan inilah semua orang akan mengetahui bahwa kamu adalah murid-muridku: apabila kamu saling mencintai.

KIDUNG MARIA
Antifon: Saya lapar dan engkau memberi-Ku makanan, Saya haus dan engkau memberi-Ku minuman. Selama engkau berbuat demikian bagi saudara-saudara-Ku yang paling hina, engkau berbuat itu bagi-Ku.

Proprium ini disalin seperti apa adanya dari seri Perantau yang diterbitkan SEKAFI tahun 1989 – 1994 oleh P. Alfons Suhardi OFM